Kunjungan Saat Lebaran di Lapas Cikarang Membeludak

BEKASI, SERUJI.CO.ID – Kunjungan keluarga warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cikarang Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada masa Lebaran 2018 mencapai 3.417 orang.

“Sejak kunjungan pada Lebaran 2018 dibuka mulai Jumat (15/6) hingga Ahad (17/6) jumlah pengunjung membeludak,” kata Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cikarang Kadek Anton Budiharta di Cikarang, Selasa (19/6).

Selama 3 hari itu, kata Kadek Anton Budiharta, mereka datang silih berganti mengunjungi anggota keluarga atau kerabat dekat mereka yang menjadi warga binaan di lapas tersebut.

Ia menyebutkan pada hari pertama Lebaran 2018, Jumat (15/6), tercatat 631 pengunjung yang terdiri atas 167 pria, 222 wanita, dan 242 anak.


Pada hari kedua Lebaran, jumlahnya meningkat sebanyak 1.567 orang. Pengunjung ini terdiri atas 412 pria, 585 wanita, dan 570 anak-anak.

BACA JUGA:  Bekasi Akan Lelang Terbuka Ratusan Kegiatan Pekerjaan Jalan dan Jembatan

Pada hari terakhir besukan Lebaran 2018 tercatat 1.219 pengunjung yang terdiri atas 315 pria, 445 wanita, dan 459 anak.

Dari total 3.417 orang, katanya lagi, mengunjungi 233 warga binaan pada hari pertama, 362 warga binaan pada hari kedua, dan 270 warga pada hari ketiga.

“Totalnya ada 865 warga binaan yang dibesuk saat kunjungan Lebaran tahun ini,” kata Kadek.

Pada Ahad (17/6), pihaknya menambah jam besuk dari hari besuk biasa, yakni mulai pukul 08.30 hingga 16.00 WIB.

“Kalau kunjungan biasa mulai pukul 09.00 s.d. 15.00 WIB atau bertambah 1,5 jam dari besukan pada hari normal,” katanya.

BACA JUGA:  Tidak Ada Iklan Rokok, Bekasi Penuhi Indikator Kota Layak Anak

Waktu besuk maksimal yang disiapkan petugas adalah 30 menit. Meski diakuinya ada sejumlah pembesuk melebihi batas waktu besuk yang telah ditetapkan tersebut.

BACA JUGA:  Lapas Bekasi Usulkan Ratusan Napi Mendapat Remisi

“Petugas lapas memberi kelonggaran waktu pembesuk pada hari Ahad, tentunya saat situasi lengang, kasih waktu ekstra,” katanya.

Untuk meramaikan suasana, pihaknya menyediakan panggung hiburan musik serta tenda dan stan kuliner hasil kerajinan tangan dan suvenir dan tempat berfoto.

Kadek berharap kunjungan lebaran ini menjadi momentum positif bagi warga binaannya, terutama tambahan motivasi warga atas perhatian dari anggota keluarga dan para kerabatnya.

“Peran keluarga ini penting bagi warga binaan dalam memperbaiki diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi, terutama saat kembali ke tengah masyarakat,” katanya. (Ant/Su02)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER