Lapas Bekasi Usulkan Ratusan Napi Mendapat Remisi

BEKASI, SERUJI.CO.ID –  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cikarang Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mengusulkan sebanyak 675 dari total 1.597 narapidana setempat untuk mendapatkan pengurangan hukuman atau remisi hari raya Idul Fitri.

“Kita sebatas mengusulkan sedangkan keputusannya ada di pusat,” kata Kepala Lapas Cikarang Kadek Anton Budiharta di Cikarang, Sabtu (9/6).

Kadek mengatakan ke 675 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang diusulkan itu telah memenuhi ketentuan administratif dan substantif berdasarkan penilaian Lapas.

“Berkas lengkap, telah menjalani pidana minimal enam bulan. Kalau substantifnya berkelakuan baik, tidak pernah melanggar peraturan dan aktif mengikuti program-program kita. Semua itu kita evaluasi dan nilai,” katanya.

BACA JUGA:  Dishub Bekasi Sebar 500 Rambu Jalur Mudik

Dari 675 WBP yang diusulkan terbagi atas dua kategori yang mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) nomor 99 tentang narkoba, tipikor dan terorisme.

Untuk WBP yang tidak terkait PP nomor 99 ada 197 warga binaan yang diusulkan mendapat remisi selama 15 hari, 411 orang selama satu bulan dan dua orang sebanyak satu bulan setengah.

“Kalau untuk warga binaan terkait PP 99 ada enam orang yang diusulkan mendapat remisi 15 hari, 58 orang selama satu bulan, dan satu orang selama satu setengah tahun,” katanya.

BACA JUGA:  Kunjungan Saat Lebaran di Lapas Cikarang Membeludak

Kadek melanjutkan keputusan penetapan remisi oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) biasanya keluar pada H-3 sampai H-2 lebaran.

BACA JUGA:  Dishub Bekasi Sebar 500 Rambu Jalur Mudik

“Dan diumumkan ke warga binaan tepat pada hari raya Idul Fitri,” katanya. (Ant/SU02)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER