Empat Titik Rawan Kecelakaan Lalu Lintas Saat Mudik

BOGOR, SERUJI.CO.ID – Petugas Kepolisian Resor (Polres) Bogor, Jawa Barat, menyebutkan adanya empat titik rawan kecelakaan pada wilayah hukumnya.

“Diantaranya Jalur Tol Jagorawi, Jalur Bogor Puncak Cianjur (Bopuncur), Jalur Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) dan Bogor dramaga Leuwiliang (Bodali),” kata Kepala Polres Bogor, AKBP Andi M Dicky di Cibinong, Sabtu (9/6).

Menurut dia antisipasi berupa pemasangan rambu-rambu dan spanduk sudah dipasang pada daerah menuju keempat titik tersebut.

Tetapi pemudik juga harus mematuhinya dan melaju dengan santai atau pada kecepatan 60 hingga 70 kilometer per jam.


Hal tersebut dikarenakan pada ruas jalan Bogor Puncak Cianjur (Bopuncur) merupakan jalur yang ekstrim dimana terdapat tanjakan dan berbagai model tikungan tajam.

BACA JUGA:  Dinkes Bogor Awasi Penjualan Makanan Buka Puasa

Namun pengendara kendaraan khususnya roda empat maupun dua harus lebih berhati-hati dikarenakan pada daerah tersebut juga merupakan kawasan padat penduduk.

“Tentu itu semua dapat teratasi bilamana pemudik dapat lebih berhati-hati dan juga bisa mengambil jarak tempuh agar tidak terjadi kecelakaan,” katanya.

Ia menambahkan banyaknya kecelakaan terjadi akibat kelalaian pengemudi dikarenakan tidak menjaga kondisi kendaraannya.

“Tapi juga seringkali memaksakan laju kendaraannya yang akibatnya menabrak pembatas jalan pada sisi kiri maupun kanan,” katanya.

Selain itu, kendaraan roda empat tidak memarkir kendaraannya pada jalan, dikarenakan pada jalur tersebut terbilang sempit.

BACA JUGA:  Varietas Padi Inpari Mampu Produksi 11 Ton per Hektar

Sementara itu, AKP Hasby Ristama mengatakan dalam mudik Lebaran 1439 Hijriah, Polres Bogor akan menerjunkan tim RAR-TAA Unit Laka Satlantas Polres bogor akan disiagakan pada Pos Polisi 2B Gadog.

“Tim Road Accident Rescue-Traffic Accident Analysis (RAR-TAA) yang disiapkan Satlantas Polres Bogor guna menghadapi pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1439 H,” katanya.

BACA JUGA:  Dinkes Bogor Awasi Penjualan Makanan Buka Puasa

Hal itu dilakukan guna mengantisipasi lonjakan arus mudik serta arus balik kendaraan pada libur Idul Fitri.

Selain itu, juga untuk memudahkan pergerakan kendaraan berdasarkan titik blankspot daerah rawan kecelakaan lalu lintas yang sudah dipetakan khususnya pada musim liburan. (Ant/Su02)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER

Proyek Blast Furnace Potensi Rugikan Krakatau Rp10 Triliun, Said Didu: Kontraktornya dari China

Nah lho? Mantan Sekretaris Kementerian BUMN, M Said Didu mengatakan bahwa proyek blast furnace tersebut dikerjakan oleh kontraktor dari negara China.