Polresta Bogor Musnahkan Belasan Ribu Miras Ilegal

0
16
Miras (ilustrasi)

BOGOR, SERUJI.CO.ID – Polresta Bogor Kota, Polda Jawa Barat musnahkan belasan ribu botol minuman keras ilegal, puluhan gram narkoba, serta ratusan liter miras oplosan hasil tangkapan selama sebulan menjelang Ramadhan.

“Tiap minggu kita lakukan operasi, barang bukti yang dimusnahkan hari ini hasil operasi satu bulan terakhir,” kata Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya, di Balai Kota Bogor, Senin (14/5).

Pemusnahan barang bukti kejahatan narkoba dan obat-obatan terlarang dilakukan di Plaza Balai Kota Bogor, disaksikan oleh Sekda Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat, Dandim 0606/Kota Bogor, Letkol Arm Doddy Suhadiman, Ketua DPRD Untung W Maryono, dan pejabat lainnya.

Total barang bukti yang dimusnahkan 12.489 botol minuman keras (miras) dari berbagai merk, 500 liter miras oplosan, 15 jerigen miras jenis arak, 47,55 gram narkoba jenis ganja, sembilan gram narkoba jenis shabu, 10 gram narkoba jenis tembakau sintetis berat, dan 1.127 butir obat-obatan keras.

“Upaya ini kita lakukan untuk antisipasi, kita ingin Ramadhan ini “clean” dan “clear” (aman dan bersih),” kata Ulung.

Sekda Ade Sarip Hidayat menyatakan Pemkot Bogor siap mendukung upaya Kepolisian dan TNI untuk menjaga Kota Bogor dari penyakit masyarakat seperti penyalahgunaan narkoba dan peredaran minuman keras.

Ia mengatakan, kepolisian hadir untuk mencegah, menjadi motivasi semua pihak untuk terus melakukan upaya pencegahan. Begitu juga Pemkot Bogor yang sesegera mungkin membentuk Badan Narkotika Nasional Kecamatan (BNNK).

“Semua upaya itu dilakukan tetapi pemahaman masyarakat juga perlu ditingkatkan, khususnya orang tua jangan membiarkan anak-anaknya berkeliaran jam malam, yang rentah narkoba dan miras,” kata Ade.

Pemusnahan barang bukti kejahatan penyalahgunaan narkoba, dan minuman keras dilakukan dengan cara digilas dengan alat berat mesin Stoom, untuk narkoba jenis sabu dimusnahkan dengan cada dilarutkan dalam air panas, dan limbahnya dibuang dalam lubang yang telah disediakan. Sedangkan narkoba jenis ganja dan tembakau dimusnakan dengan cara disiram menggunakan oli. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama