Kota Depok Potensial Kembangkan Ekonomi Digital

DEPOK, SERUJI.CO.ID – Tingginya jumlah pengguna internet di Kota Depok, Jawa Barat, menjadi modal bagi kota tersebut untuk mengembangkan ekonomi digital yang bisa menggerakkan ekonomi masyarakat.

“Ekonomi digital memiliki berbagai macam keunggulan. Misalnya kita tidak perlu menyewa tempat dan memangkas waktu transaksi. Semuanya, bisa dilakukan melalui ponsel yang terkoneksi jaringan internet,” kata Kepala Seksi (Kasi) Statistik Produksi Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Depok, Erwin Subarkah di Depok, Jumat (4/5).

Ia mengatakan Kota Depok yang mempunyai program “cyber city” memiliki potensi yang besar untuk perkembangan ekonomi digital, dan memiliki bonus demografi yang cukup besar karena rata-rata penduduknya berada di tingkat produktif dan juga melek teknologi.

BACA JUGA:  Pemkot Depok Jamin Pasokan Sembako Lancar

“Upaya pengembangan ke arah ekonomi digital ini, juga seiring dengan tren belanja ‘online’ yang tengah berkembang di masyarakat,” katanya.


Menurut dia, pengguna internet di Kota Depok sebesar 65,17 persen. Jumlah tersebut kebanyakan diakses melalui perangkat ponsel pintar (smartphone) sebesar 65,30 persen.

Dikatakannya ada enam besar kategori usaha di Kota Depok. Mulai dari perdagangan, informasi dan komunikasi (infokom), industri, real estate, angkutan pergudangan dan jasa.

Sebanyak 40 persen berada di sektor perdagangan, lalu disusul oleh infokom sebanyak 22 persen.

BACA JUGA:  Wali Kota Depok Ingatkan ASN Masuk Hari Pertama

Menurut dia, jika potensi ini dikelola oleh pemerintah dengan baik, para pedagang diajak berwirausaha secara “online”, tentu akan melejitkan laju pertumbuhan ekonomi di Kota Depok.

Pengamat ekonomi dari Universitas Pancasila Bambang Suprayitno menambahkan peluang terbesar dari perkembangan teknologi informasi komunikasi (TIK) adalah industri bidang transportasi logistik.

BACA JUGA:  KPU Depok Tetapkan Daftar Pemilih Tetap

Hal ini menjadi peluang yang menjanjikan bagi Pemkot, jika bisa melakukan intervensi di bidang tersebut.

“Kalau mau meningkatkan potensi bisnis, bermainlah di-‘supporting’ ekonomi digital. Pemkot bisa mengeluarkan berbagai regulasi yang bisa mendukung kearah sana,” katanya. (Ant/SU01)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER