Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

DEPOK, SERUJI.CO.ID – – Angka partisipasi pemilih pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018 di Kota Depok meningkat 19,7 persen dibandingkan dengan Pilgub Jabar 2013.

“Partisipasi yang baik dimulai dari kualitas data pemilih,” kata Ketua KPU Kota Depok Titik Nurhayati, di Depok, Jumat (29/6).

Angka partisipasi pemilih tersebut meningkat 14,6 persen dibandingkan pada Pilkada Kota Depok 2015.

Data KPU Kota Depok tercatat 1.120.959 pemilih pada Pilgub Jabar. Dari jumlah tersebut sebanyak 794.892 menggunakan hak pilihnya. Tingkat partisipasi mencapai 70,9 persen.

BACA JUGA:  Tolak Eksekusi, Pedagang Pasar Kemiri Muka Unjuk Rasa

Sedangkan jumlah suara sah 779.007 dan suara tidak sah 12.011 dengan total 790.365 suara.

Titik mengatakan dengan KTP elektronik dan sinkronisasi pada pemilu atau pilkada terakhir telah membantu menyaring dan mengawinkan data yang mendekati aktualnya.

“Terima kasih kepada semua pihak, terutama warga Depok yang telah meningkatkan gerakan sadar pemilihan untuk menggunakan hak konstitusionalnya memilih pemimpin Jabar pada 27 Juni 2018,” ujarnya pula.

Pilgub Jabar 2018 diikuti empat pasangan calon, yaitu Ridwan Kamil dan UU Ruzhanul Ulum yang diusung oleh NasDem, PPP, PKB, dan Hanura mendapatkan nomor urut 1.

BACA JUGA:  Usai Libur Lebaran, Wali Kota Depok Imbau ASN Tingkatkan Kinerja

Lalu, pasangan Tubagus Hasanuddin dan Anton Charliyan yang didukung oleh PDI Perjuangan mendapat nomor urut 2; dan pasangan calon Sudrajat-Ahmad Syaikhu yang diusung oleh PKS, PAN, dan Gerindra menempati nomor urut 3.

Kemudian, pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi yang didukung oleh Golkar dan Demokrat mendapat nomor urut 4. (Ant/Su02)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER

Proyek Blast Furnace Potensi Rugikan Krakatau Rp10 Triliun, Said Didu: Kontraktornya dari China

Nah lho? Mantan Sekretaris Kementerian BUMN, M Said Didu mengatakan bahwa proyek blast furnace tersebut dikerjakan oleh kontraktor dari negara China.