Dinkes Tangerang Siapkan 17 Rumah Sakit Rujukan Saat Mudik Lebaran

TANGERANG, SERUJI.CO.ID – Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Banten, telah bekerjasama dengan 17 Rumah Sakit sebagai rujukan saat mudik lebaran jika ada yang membutuhkan penanganan darurat.

Kabid Bidang Pelayanan dan Kesehatan, Dini di Tangerang Selasa (5/6) mengatakan, Rumah sakit tersebut telah disiagakan untuk membantu perawatan jika ada pemudik yang membutuhkan pertolongan atau perawatan yang tak tertangani di Puskesmas.

Sebelum dibawa ke rumah sakit maka pemudik yang membutuhkan perawatan dan atau pertolongan akan terlebih dahulu ditangani di Puskesmas.

Pasalnya, sejumlah puskesmas di Kota Tangerang saat ini sudah bisa melayani UGD 24, rawat inap hingga persalinan.


“Jadi, yang dirujuk ke rumah sakit bila sudah dalam keadaan kritis atau memang langsung dirujuk dari posko mudik bersama,” katanya.

BACA JUGA:  Tunggakan Pajak Kendaraan di Tangerang Capai Rp640 Miliar

Adapun ke 17 RS tersebut diantaranya adalah RSUD Kota Tangerang, RS Hermina, RSUD Kabupaten Tangerang, RS DIM 0506 Tangerang, RS Kusta Sitanala, RS Sari Asih Karawaci RS Sari Asih Ciledug, RS Sari Asih Sangiang, RS Usada Insani, RSIA Annisa Tangerang, RS Mayapada, RS Islam Sari Asih Ar-Rahmah, RSIA Keluarga Ibu, RSU Melati, RSU Mulya, RS Bhakti Asih dan RS Mutiara Bunda.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan pun tetap mengoperasikan 36 unit Puskesmas di 13 Kecamatan selama mudik Lebaran 2018.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dr Liza Puspadewi mengatakan, seluruh petugas di puskesmas telah diberikan pengarahan dalam membantu pemudik yang membutuhkan pelayanan kesehatan, mulai dari obat – obatan maupun perawatan.

BACA JUGA:  Pemkab Tangerang Realisasikan Bangun Ribuan Ruang Kelas

“Intinya, seluruh pelayanan di 36 puskesmas akan seperti biasa termasuk saat mudik lebaran nanti. Perawat dan dokter akan bertugas secara bergantian demi kenyamanan pemudik,” katanya.

BACA JUGA:  Pemkab Tangerang Ajukan Pengerukan Sungai Cisadane

Dijelaskannya, Pemerintah Kota Tangerang telah meningkatkan status pelayanan di sejumlah puskesmas. Saat ini ada 18 unit puskesmas yang melayani UGD 24 Jam.

Kemudian ada 15 unit puskesmas yang melayani UGD 24 Jam dan Persalinan. Lalu ada empat unit puskesmas yang melayani UGD 24 Jam, Persalinan dan Rawat Inap. (Ant/Su02)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER