Tangerang Gandeng Pengusaha Bangun BLK Pakuhaji

TANGERANG, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, menggandeng pengusaha untuk membangun Balai Latihan Kerja (BLK) di Kecamatan Pakuhaji karena belakangan ini banyak warga putus sekolah tanpa memiliki keterampilan sehingga tidak terserap padahal banyak lowongan pekerjaan.

“Juga sebagai antisipasi serbuan tenaga kerja dari luar daerah, maka perlu ada keterampilan dapat diterima perusahaan,” kata Camat Pakuhaji, Ujat Sudrajat di Tangerang, Rabu (2/5).

Ujat mengatakan ada lampu hijau dari pengusaha meminjamkan sebuah ruko untuk sementara agar dapat dijadikan BLK sebelum dibangun secara permanen.

Masalah itu sehubungan Pemkab Tangerang, mengoptimalkan BLK di Kecamatan Balaraja yang salah satu tujuannya mengatasi kemiskinan dengan cara mendidik tenaga kerja agar memiliki keterampilan.


Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemkab Tangerang, Didin Samsudin mengatakan tujuannya adalah untuk membuka kesempatan kerja seluas-luasnya.

BACA JUGA:  Pemkab Tangerang Ajukan Pengerukan Sungai Cisadane

Dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2019 Pemkab Tangerang menambah BLK di Kecamatan Kosambi, karena di wilayah pesisir banyak tenaga kerja produktif tapi belum memiliki keterampilan.

Untuk itu, tenaga produktif tersebut perlu dilatih dengan harapan dapat disalurkan kepada sejumlah perusahaan yang membutuhkan.

Hal tersebut karena pengusaha setempat mengeluh tenaga kerja terampil setempat jumlahnya terbatas sehingga tidak dapat ditampung bekerja di pabrik.

Sedangkan pekerja terampil dari daerah lain jumlahnya banyak bekerja di pabrik di Kabupaten Tangerang, ini merupakan persoalan yang harus diatasi.

Padahal keberadaan BLK sangat diharapkan dan dapat memberikan pelatihan kepada tenaga kerja terutama tamatan SMA atau sederajat.

BACA JUGA:  SMS Dana Bantuan dari BPJS Adalah Hoax

Sesuai data dari Disnaker setempat bahwa terdapat sekitar 3.500 pabrik dan pergudangan skala besar dan kecil beroperasi di Kabupaten Tangerang tersebar pada 20 kecamatan.

BACA JUGA:  Pemkab Tangerang Ajukan Pengerukan Sungai Cisadane

Ujat menambahkan pihaknya banyak mendapatkan laporan dari Karang Taruna setempat dan sejumlah pemuda, bahwa tenaga produktif putus sekolah di kawasan pesisir membutuhkan pekerjaan.

“Ini sangat ironis, banyak pabrik dan pergudangan tapi warga setempat menganggur dan pengusaha menampung pekerja dari daerah lain,” katanya.

Namun pihaknya menjamin pertengahan Oktober 2018, BLK di Pakuhaji akan beroperasi karena banyak dukungan dari pengusaha dan warga agar mereka dapat bekerja dengan dasar telah memiliki ketrampilan. (Ant/SU02)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER