Anies Baswedan Jadi Pembicara Utama “Smart City Conference” di Casablanca

7
102
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kiri) dan Wakil Gubernur, Sandiaga Uno .

MAROKO, SERUJI.CO.ID – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadi pembicara utama (keynote speaker) pada konferensi yang membahas kota pintar atau ‘Smart City Conference’ di Grand Hyatt Resort, Casablanca, Maroko, Rabu (18/4).

Dilaporkan dari Casablanca, Anies dalam forum tersebut mengatakan bahwa esensi kota pintar atau “smart city” adalah kota penyedia jasa pelayanan publik, yang saat ini ditingkatkan menjadi kota yang melibatkan warganya dalam kerja sama membangun kota.

“Pada sesi ‘Strategic Masterplanning Green Urban Development’ disampaikan bahwa memang biasanya ‘masterplanning green urban development’ adalah penataan pembangunan sebagaimana program yang dijalankan di kota-kota dunia juga Jakarta,” kata Anies.

Namun dengan pengembangan “masterplanning green urban development” warga ditingkatkan perannya sebagai sebagai pelaku kerja sama dan sebagai pelaku menjaga lingkungan di kota Jakarta dengan kerangka/platform kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.

“Esensinya membawa kota sebagai penyedia pelayanan publik menjadi kota yang melibatkan warga yang bekerja sama. Dari City 2.0, menjadi City 4.0 dimana teknologi berperan sebagai enabler, di sini lah peran smart city sangat penting,” kata mantan Menteri Pendidikan ini.

Dikatakan oleh Anies, City 4.0 adalah bagaimana teknologi bisa mewujudkan warga sebagai pelaku untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan pengelolaan kota yang ramah lingkungan.

Lawatan Anies ke Casablanca dalam rangka memenuhi undangan Walikota Casablanca, Abdeelaziz Omari pada ‘The Third Edition of Smart Cities African Casablanca 2018’. (Ant/Hrn)

7 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU