Anies Baswedan Jadi Pembicara Utama “Smart City Conference” di Casablanca

MAROKO, SERUJI.CO.ID – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadi pembicara utama (keynote speaker) pada konferensi yang membahas kota pintar atau ‘Smart City Conference’ di Grand Hyatt Resort, Casablanca, Maroko, Rabu (18/4).

Dilaporkan dari Casablanca, Anies dalam forum tersebut mengatakan bahwa esensi kota pintar atau “smart city” adalah kota penyedia jasa pelayanan publik, yang saat ini ditingkatkan menjadi kota yang melibatkan warganya dalam kerja sama membangun kota.

“Pada sesi ‘Strategic Masterplanning Green Urban Development’ disampaikan bahwa memang biasanya ‘masterplanning green urban development’ adalah penataan pembangunan sebagaimana program yang dijalankan di kota-kota dunia juga Jakarta,” kata Anies.

BACA JUGA:  Pemprov DKI Lakukan Tes Acara Asian Para Games

Namun dengan pengembangan “masterplanning green urban development” warga ditingkatkan perannya sebagai sebagai pelaku kerja sama dan sebagai pelaku menjaga lingkungan di kota Jakarta dengan kerangka/platform kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.


“Esensinya membawa kota sebagai penyedia pelayanan publik menjadi kota yang melibatkan warga yang bekerja sama. Dari City 2.0, menjadi City 4.0 dimana teknologi berperan sebagai enabler, di sini lah peran smart city sangat penting,” kata mantan Menteri Pendidikan ini.

Dikatakan oleh Anies, City 4.0 adalah bagaimana teknologi bisa mewujudkan warga sebagai pelaku untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan pengelolaan kota yang ramah lingkungan.

BACA JUGA:  Anies Baswedan Dipastikan Hadir Dalam Laga Leg II Persija Vs PSM di Stadion Mattoanging

Lawatan Anies ke Casablanca dalam rangka memenuhi undangan Walikota Casablanca, Abdeelaziz Omari pada ‘The Third Edition of Smart Cities African Casablanca 2018’. (Ant/Hrn)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

7 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER