Anies Harapkan Zakat Bazis DKI Capai Rp300 Miliar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) yang dikelola Bazis Provinsi DKI Jakarta dari tahun ke tahun mengalami tren kenaikan dimana tahun ini mengharapkan kenaikan menjadi Rp300 miliar.

“Saya berharap target Bazis DKI sebesar Rp300 miliar tercapai, kita akan bantu dan kita akan dorong capaian itu,” kata Anies di Jakarta Selatan, Kamis (31/5), saat penyerahan penghargaan kepada para Muzakki.

Sebelumnya, pada tahun 2016 terkumpul sebesar Rp154 miliar dan pada tahun 2017 sebesar Rp192 miliar. Pemprov DKI sendiri siap mendorong pencapaian ZIS Pejabat, Perusahaan, dan Pribadi yang jumlah totalnya baru terkumpul Rp4,2 miliar.

BACA JUGA:  Batasi Usia Kendaraan Hingga Panel Surya, Inilah Instruksi Anies Untuk Tangani Polusi Jakarta

Acara tersebut diikuti Anies di Peduli Umat yang merupakan even tahunan Bazis Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan tersebut dalam rangka pengumpulan ZIS dari para Muzakki dan menyalurkannya kepada 4.000 Mustahik.


Hasilnya dalam acara tersebut didapat bantuan ZIS untuk biaya penunjang pendidikan sebesar Rp4 miliar lebih dan disalurkan kepada 310 yatim, 1.086 dhuafa, 2.438 guru bantu, 165 petugas masjid dan satu kali bedah rumah bagi dhuafa. Khusus bantuan terbesar, berasal dari Pemkot Jakarta Selatan sebesar Rp3,2 miliar.

Kemudian untuk sekelas BUMD yang terbesar menyumbang adalah Bank BJB Rp1,6 miliar, lalu ada Bank DKI Rp570 juta, diikuti PD Pasar Jaya Rp260 juta, serta Dinas Kesehatan Rp120 juta. Sementara itu, Anies ikut juga menyumbang sebesar Rp75 juta melalui Bazis.

BACA JUGA:  SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta
BACA JUGA:  Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Siapkan Antisipasi Kenaikan Volume Sampah

Gubernur menegaskan zakat punya peran penting dalam selesaikan masalah ketimpangan yang ada di Jakarta. Maka mekanisme distribusi bantuan ekonomi lebih efektif dan merata melalui zakat.

“Manajemen Zakat harus juga bisa ditingkatkan. Kita berharap perhatian yang diberikan bisa lebih besar,” kata Anies.

Selain itu, Bazis DKI memiliki berbagai program selain penyaluran zakat, seperti bedah rumah, beasiswa dan bantuan usaha.

“Pengelolaan zakat ini penting karena zakat sebagai penyeimbang dan bisa menyelesaikan masalah ketimpangan,” kata Anies. (Ant/Su02)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER