Disdik Jakarta Dukung Penerapan Sistem SIAP BOS-BOP

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Dinas Pendidikan DKI Jakarta mendukung penerapan Sistem Informasi Akuntabilitas Pendidikan Bantuan Operasional Sekolah dan Bantuan Operasional Pendidikan (SIAP BOS-BOP).

“Kami menyambut baik dan positif akan kehadiran SIAP BOS-BOP. Kami mendukung penuh penerapannya,” kata Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Bowo Irianto di Jakarta, Kamis (3/5).

Melalui penerapan SIAP BOS-BOP yang baik dan tepat, menurut dia, maka kedepannya pengelolaan keuangan sekolah akan menjadi lebih akuntabel.

“Dengan adanya SIAP BOS-BOP, pengelolaan keuangan sekolah nantinya akan lebih akuntabel. Selain itu, sistem tersebut juga sekaligus dapat mencegah terjadinya penyelewengan keuangan,” ujar Bowo.

BACA JUGA:  Jumlah Penumpang Bus Transjakarta Rute Ragunan Melonjak

Sebelumnya, dia menuturkan pengelolaan keuangan sekolah dilakukan melalui pembukuan secara manual. Namun dengan adanya SIAP BOS-BOP, maka seluruh kegiatan belanja sekolah akan tercatat dengan lebih baik dan akurat.

SIAP BOS-BOP merupakan sistem berbasis Cash Management System (CMS) yang dikembangkan oleh Bank DKI untuk menjawab kebutuhan layanan elektronik terkait pengelolaan dana BOS dan BOP di sekolah-sekolah.

Sementara itu, Direktur Utama Bank DKI Kresno Sediarsi menuturkan saat ini tercatat sudah ada sebanyak 2.062 sekolah yang menerapkan SIAP BOS-BOP. Terhitung hingga Maret 2018, tercatat ada 141.725 transaksi dengan total nilai keseluruhan mencapai Rp425,89 miliar.

BACA JUGA:  Anies Tinjau Pelaksanaan USBN di SDN Johar Baru

“Penerapan sistem tersebut dapat meningkatkan kualitas laporan keuangan sekolah, dan juga sekaligus meningkatkan pertanggung jawaban dari dana BOS dan dana BOP oleh pihak sekolah,” tutur Kresno.

Melalui sistem tersebut, dia menambahkan, kepala sekolah dan bendahara akan diberikan token sendiri-sendiri. Dengan begitu, pemindahbukuan dana BOS dan dana BOP hanya dapat dilakukan apabila ada persetujuan melalui token milik kepala sekolah dan token milik bendahara. (Ant/SU02)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER

Proyek Blast Furnace Potensi Rugikan Krakatau Rp10 Triliun, Said Didu: Kontraktornya dari China

Nah lho? Mantan Sekretaris Kementerian BUMN, M Said Didu mengatakan bahwa proyek blast furnace tersebut dikerjakan oleh kontraktor dari negara China.