DKI Jakarta Akan Luncurkan Aplikasi Pangan Bersubsidi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta berencana meluncurkan aplikasi yang dapat menampilkan informasi mengenai pangan bersubsidi di ibukota.

“Dalam waktu dekat, kami memiliki rencana untuk meluncurkan aplikasi pangan bersubsidi untuk wilayah DKI Jakarta,” kata Kepala Dinas KPKP DKI Darjamuni di Jakarta, Selasa (26/6).

Menurut dia, aplikasi tersebut nantinya akan menginformasikan harga, stok, keamanan, kerawanan serta kegiatan subsidi pangan yang tengah dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

“Peluncuran aplikasi pangan bersubsidi itu akan menjadi salah satu bagian dari rangkaian sistem informasi ketahanan pangan yang sedang dibangun oleh Dinas KPKP DKI,” ujar Darjamuni.

BACA JUGA:  Tegas, Anies Awasi Langsung Penyegelan Pulau Reklamasi

Dia pun berharap aplikasi tersebut akan mampu mengurangi administrasi yang berkaitan dengan proses pencairan subsidi pangan sekaligus mempercepat proses pencairan dana subsidi pangan kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Aplikasi itu akan digunakan oleh para stake holders yang terlibat dalam kegiatan distribusi pangan bersubsidi, antara lain PD Dharma Jaya, PT Food Station Tjipinang Jaya, PD Pasar Jaya dan Dinas KPKP DKI Jakarta,” tutur Darjamuni.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan beberapa keunggulan aplikasi pangan bersubsidi tersebut, diantaranya proses rekonsiliasi dan verifikasi data transaksi penjualan yang lebih cepat.

BACA JUGA:  Jakarta Diserbu Pendatang, Sandiaga: Segera Lapor ke RT/RW

“Selain itu, informasi tentang stok dan distribusi pangan juga lebih cepat, sehingga akan mempermudah pemantauan stok atau ketersediaan pangan di lokasi-lokasi distribusi,” ungkap Darjamuni.

Dia menambahkan aplikasi yang dinamakan Sistem Informasi Pangan Bersubsidi (SIPB) tersebut telah selesai dibangun dan siap untuk dilakukan uji coba pada Juli 2018. (Ant/Su02)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER

Kenang Kepsek Semasa Sekolah di SMAN 2 Yogya Yang Wafat, Anies Baswedan: Beliau Teladan

Diantara yang dikenang mantan Menteri Pendidikan ini adalah kebiasaan Pak Anton yang setiap pagi pukul 6.30 selalu menunggu muridnya di depan gerbang sekolah, sambil menyapa dengan hangat.