LPAI: Hukuman Bagi Anak Harus Bersih Dari Dendam

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak dari Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Reza Indragiri Amriel mengatakan masyarakat dan aparat penegak hukum harus memahami bahwa hukuman bagi anak yang berhadapan dengan hukum harus bersih dari unsur dendam.

“Hukuman juga harus tetap melindungi potensi-potensi anak bagi masa depannya,” kata Reza di Jakarta, Senin (16/4).

Karena itu, Reza menyayangkan kasus persekusi terhadap dua anak yang dituduh mencuri jaket di Bekasi Utara yang dilakukan oleh seseorang yang merasa kehilangan jaket.

BACA JUGA:  Innalillahi, Dua Anak Tewas di Acara Pembagian Sembako di Monas

Bila pun kedua anak itu memang betul mencuri, maka persekusi itu telah menempatkan mereka sebagai pelaku, sekaligus korban.


“Sebagai pelaku, ada Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak untuk menangani mereka. Sebagai korban, ada Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak,” tuturnya.

Dalam kasus persekusi yang menimpa dua anak yang dituduh mencuri jaket itu, mereka seharusnya mendapatkan perlindungan dan pelaku persekusi harus dikenai sanksi pidana.

Kasus persekusi terhadap dua anak di Bekasi Utara yang dituduh mencuri jaket menyisakan trauma bagi mereka berdua.

BACA JUGA:  Pengusaha Rugi Triliunan Akibat Listrik Padam Panjang, Kadin DKI: Segera Tata Direksi PLN

Orang tua salah satu anak, dikutip dari Kompas.com, mengatakan anaknya terus mengurung diri di kamarnya sejak peristiwa itu terjadi.

BACA JUGA:  Pemprov DKI Gelar Malam Takbir di Lima Titik

Anak tersebut juga enggan masuk sekolah karena peristiwa tersebut sudah didengar teman-temannya dan pihak sekolah.  (Ant/SU02)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER