Pemprov DKI Siagakan 169 Dokter di Posko Kesehatan Mudik Lebaran

JAKARTA, SERUJI.CO.ID –  Wakil Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Khofifah Ani mengatakan pihaknya akan menyiagakan sebanyak 169 dokter di sejumlah posko dan fasilitas kesehatan selama mudik Lebaran.

“Pada tahun ini, kami menyiagakan sebanyak 169 dokter yang bertugas di sejumlah posko kesehatan dan juga Puskesmas,” ujar Khofifah di Jakarta, Selasa (5/6).

Dia menjelaskan jumlah dokter yang boleh cuti pada musim mudik Lebaran hanya sekitar lima persen. Sisanya mewakafkan waktunya untuk bertugas demi kelancaran mudik.

Khofifah menjelaskan pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi kesehatan sopir di sejumlah terminal yang ada di Jakarta sepekan sebelum musim mudik.

BACA JUGA:  Masyarakat DKI Jakarta 20 Persen Alami Permasalahan Kejiwaan

“Apakah sopir tersebut memang layak jalan atau tidak atau dengan persyaratan. Kita berharap dengan waktu seminggu pemeriksaan, jika ada sopir yang sakit bisa diobati dulu sebelum menjalankan tugasnya,” papar dia.

Deputi Direksi Wilayah DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi BPJS Kesehatan, Ni Made Ayu Sri Ratna Sudewi, mengatakan peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang mudik ke kampung halaman tidak perlu khawatir dengan pelayanan kesehatan karena tetap akan mendapatkan layanan kesehatan.

BACA JUGA:  Anies Luncurkan Renaksi Pemberantasan Korupsi

“Peserta JKN yang mudik, bisa mendapatkan maksimal tiga kali layanan kesehatan pada fasilitas kesehatan tingkat pertama. Meski tidak terdaftar di fasilitas kesehatan itu,” kata Ratna.

BACA JUGA:  KPAI Pastikan Hak Anak Korban Kebakaran di Bidara Cina Terpenuhi

Ia menambahkan, kewajiban melayani peserta luar wilayah saat libur lebaran juga berlaku bagi fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) nonPuskesmas seperti klinik maupun dokter praktik perorangan.

Ratna menambahkan pada keadaaan kegawatdaruratan seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS. (Ant/SU02)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER