Petugas Berlakukan Contraflow Tol Jakarta-Cikampek

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – PT Jasa Marga (Persero) memutuskan untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas lawan arus (contraflow) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai dari kilometer 47 sampai kilometer 41 arah Jakarta untuk mengurai kepadatan.

Customer and Employee Relations Assistant Manager PT Jasa Marga Panji Satriya dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Senin (18/6), mengatakan pemberlakuan rekayasa lalu lintas ini untuk memecah kepadatan jelang tempat peristirahatan dan penyempitan jalan.

“Pemberlakuan ‘contraflow’ atas diskresi kepolisian diharapkan dapat memecah kepadatan jelang ‘rest area’ kilometer 42 serta penyempitan lajur ‘bottleneck’ di kilometer 46,” katanya.

BACA JUGA:  Pemprov DKI-BKM Tingkatkan Pelayanan Perizinan

Untuk memastikan kelancaran pemberlakuan “contraflow” yang berlaku sejak pukul 13.25 WIB, tambah Panji, Jasa Marga Cabang Jakarta Cikampek telah menyiagakan petugas di lapangan dan sejumlah rambu-rambu lalu lintas.


“Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu dan mengikuti arahan petugas di lapangan,” ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan dan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah menyiapkan tiga skema antisipasi kepadatan arus lalu lintas di Tol Jakarta Cikampek pada arus balik.

Pertama, membuka tambahan ruas bagi pemudik yang menuju Jakarta dengan menyiapkan sistem rekayasa lalu lintas lawan arus jika kondisi kemacetan termasuk kategori biasa.

BACA JUGA:  Pemudik di Terminal Pulo Gebang Naik 250 Persen

Kedua, menambah jalur yang akan dilakukan permanen pada waktu tertentu jika kepadatan kendaraan masuk dalam kategori berat.

Ketiga, menutup akses jalur tol dari arah Jakarta apabila volume kendaraan sudah mencapai kategori sangat padat.

BACA JUGA:  Pemprov DKI Akhirnya Menang Melawan Gugatan Pengusaha SPBU

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa berpesan kepada para pemudik agar tidak kembali ke Ibukota pada Selasa (19/6) maupun Rabu (20/6) karena tanggal tersebut diprediksi menjadi puncak arus balik. (Ant/Su02)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER