Puncak Arus Mudik Lebaran Diperkirakan Malam Ini

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada Sabtu (9/6) malam ini, menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono.

“Tahun ini diprediksi akan ada beberapa puncak arus mudik. Hasil survei, hari ini salah satu puncak arus mudik dan juga nanti sekitar 2-3 hari sebelum hari raya juga akan terjadi lonjakan,” ujar Djoko usai melepas peserta mudik gratis di Monas, Jakarta, Sabtu (9/6).

Dia menambahkan cuti bersama yang ditetapkan pemerintah mampu menggeser pilihan waktu keberangkatan mudik bagi masyarakat.

“Dengan adanya waktu libur yang cukup panjang, saya harap masyarakat dapat memilih waktu untuk mudik agar perjalanan nyaman,” katanya.

BACA JUGA:  Sandiaga Dorong Penerapan TOD Kawasan MRT Bundaran HI-Lebak Bulus

Djoko juga mengatakan Kemenhub telah melakukan antisipasi dengan melakukan berbagai peningkatan dan penambahan baik sarana maupun prasarana untuk menciptakan mudik yang selamat, aman dan nyaman.

“Insya Allah mudik tahun ini lebih baik dari tahun 2017,” katanya.

Selain itu, Ia menilai masyarakat sudah bijak dalam memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan oleh pemerintah, sehingga kenaikannya mencapai 50 persen dari tahun sebelumnya.

Mudik gratis Kemenhub dengan moda darat meliputi angkutan bus dan truk serta angkutan kapal penyeberangan.

BACA JUGA:  Ditantang Sandiaga Lomba Renang di Pulau Tidung, Ini Jawaban Menteri Susi Pudjiastuti

Pada moda bus total 1.130 unit dengan jumlah penumpang sebanyak 48.905 orang dan 70 truk dengan jumlah sepeda motor yang diangkut sebanyak 2.837 motor. Jumlah kota tujuan yang dilayani yaitu 32 kota tujuan di Pulau Jawa dan Sumatera.

Sedangkan untuk moda penyeberangan meliputi tiga kapal penyeberangan dengan kapasitas angkut masing-masing sebanyak 1.000 orang dan 500 sepeda motor.

BACA JUGA:  Sandiaga: Momen Hardiknas Harus Jadikan Negara Maju

Adapun rute pelayanan yaitu Jakarta-Semarang, Jakarta-Lampung dan Jakarta-Surabaya.(Ant/Su02)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER