Terkait Beredarnya Surat Zakat Target Rp 1 juta, Sandiaga: Tidak Ada Instruksi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menegaskan bahwa pemprov DKI Jakarta tidak pernah memberi instruksi kepada Camat dan Lurah di Jakarta untuk mengumpulkan zakat dengan target minimal Rp 1 juta per RT.

Hal itu disampaikan Sandiaga terkait beredarnya di sosial media surat yang berisi permintaan kepada para Ketua RT untuk mengumpulkan Dana Bazis Map Gerakan Ramadhan dengan target minimal Rp 1 juta.

“Kita mengimbau ke seluruh pamong untuk menggiatkan selama Ramadhan berbagi amal soleh, berbagi zakat, dan kita mobilisasi di masyarakat. Tapi tidak pernah ada instruksi khusus untuk setiap RT harus membuka Rp 1 juta,” jelas Sandiaga usai mengikuti sebuah acara di Bekasi Timur, Jawa Barat, Ahad (3/6).

BACA JUGA:  Pemudik Mulai Padati Stasiun Pasar Senen

Sandiaga juga menegaskan bahwa pemrov DKI hanya mengimbau, tidak ada keharusan untuk mengumpulkan dengan minimal nominal tertentu. Sementara beredarnya surat edaran dari yang menyebutkan nominal tertentu, murni inisiatid dari Lurah masing-masing.


“Ini interprestasi masing-masing lurah, dan tentunya Lurah yang tahu kondisi RT-RT nya,” ujarnya.

Pemrov DKI, lanjut Sandiaga, tidak mempersoalkan jika ada Lurah yang mentarget jumlah nominal tertentu kepada RT-RT di wilayahnya. Karena, menurutnya, Lurah lah yang lebih tahu kondisi warga di wilayahnya.

BACA JUGA:  KAI Bantah Pemberitaan Angkut 800 Penumpang per Gerbong

“Tapi bagi kami zakat itu adalah murni ibadah yang digariskan dan menjadi perintah Allah SWT, kami hanya membuka opportunity ini agar berzakat di Bazis DKI ataupun lembaga amil zakat lain yang ada dalam wilayah tersebut,” tukasnya.

Sebelumnya beredar di sosial media, sebuah surat dari kelurahan Cilandak Barat yang meminta RT di wilayahnya mengumpulkan zakat selama bulan Ramadhan dengan target minimal Rp 1 juta per RT. Dalam surat tersebut juga dicantumkan sanksi sebesar Rp 1 juta, jika map yang disediakan hilang.

BACA JUGA:  Kampanyekan Anti Narkoba, Mal Ciputra Adakan ’Young & Creative Festival'

(ARif R/Hrn)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

1 KOMENTAR

  1. Digoyang terus, pohon plastik, air minum limbah tinja, tong sampah, dana zakat….mentah semua….sdh kehabisan materi, ntar terakhir krn putus asa….chat mesum deh disebar
    Smg Allah Swt sll melindungi pemimpin2 yg lurus dan ikhlas dlm membangun daerahnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER