Turun Tangan Atasi Bau Kali Item, HKTI Akan Tabur Setengah Ton Mikroba

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) DKI Jakarta akan menggelar aksi menaburkan setengah ton serbuk mikroba DeoGone ke aliran Kali Item pada Ahad (29/7) mendatang.

Aksi yang rencananya dilakukan mulai pukul 09:30 WIB ini bertujuan untuk membantu mengurangi polusi bau busuk di Kali Item di sekitar Wisma Atlet Asian Games Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Tujuan utama dari aksi ini adalah membantu mengurangi polusi bau busuk di Kali Item sehingga nantinya dapat menjadi solusi alternatif bagi Pemprov DKI dalam mengatasi persoalan tersebut,” kata panitia kegiatan Dimas Akbar lewat keterangan tertulis yang diterima SERUJI, Jumat (27/7).

Acara yang diinisiasi oleh HKTI DKI Jakarta ini, akan dihadiri ketua DPD HKTI Jakarta H. Syukri Bey selaku, anggota DPRD DKI Jakarta H. Prabowo Sunirman, dan Suwardi Hagani selaku ketua panitia penyelenggaraan.

BACA JUGA:  Polda Metro Selidiki Izin Pembagian Sembako Berujung Maut di Monas

“Tentu kami mengharapkan warga Jakarta, aktivis lingkungan, dan pejabat pemprov terkait dapat menghadiri acara ini agar dapat menyaksikan bersama-sama dari proses pentaburan serbuk hingga ke tahap reaksi yang ditimbulkan pasca pentaburan,” ujar Dimas.

Dijelaskan oleh Dimas, bahwa DeoGone adalah serbuk berisi mikroba jamur hasil riset karya seorang pakar bioteknologi Indonesia Dr. Tri Panji, M.S, APU.

DeoGone dalam keseharian digunakan sebagai pembasmi bau limbah industri dan teruji ramah lingkungan, aman bagi manusia, dan hewan,” jelasnya.

Deogone memiliki 4 fungsi; (1) Biodeodorisasi untuk menghilangan bau busuk limbah secara alami, (2) Biodekolorisasi untuk mengurangi kepekatan warna air limbah secara alami, (3) Biodetoksifikasi untuk mengurangi kadar racun limbah secara alami, dan (4) Bioremediasi untuk pemulihan air limbah secara alami.

BACA JUGA:  Pemprov DKI Siagakan 169 Dokter di Posko Kesehatan Mudik Lebaran

Sebagaimana diberitakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berbenah dalam mempersiapkan suksesnya pagelaran Asian Games 2018 yang akan berlangsung pada 18 Agustus mendatang. Salah satu kendala yang dihadapi Pemprov DKI yang sempat viral di media sosial adalah persoalan bau busuk yang keluar dari Kali Item di kawasan Wisma Atlet Asian Games Kemayoran, Jakarta Pusat.

BACA JUGA:  Petugas Akan Berlakukan Satu Arah Palimanan-Halim

Berbagai solusi telah dilakukan Pemprov DKI untuk mengurangi bau busuk tersebut, diantaranya pemasangan kain waring hitam dan instalasi 28 pompa portabel.

(ARif R/Hrn)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER

Proyek Blast Furnace Potensi Rugikan Krakatau Rp10 Triliun, Said Didu: Kontraktornya dari China

Nah lho? Mantan Sekretaris Kementerian BUMN, M Said Didu mengatakan bahwa proyek blast furnace tersebut dikerjakan oleh kontraktor dari negara China.