Polisi Bekasi Ringkus Kawanan Pencuri Rumah Kosong

BEKASI, SERUJI.CO.ID – Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Bekasi Kota, Jawa Barat, menangkap tiga kawanan pencuri spesialis rumah kosong yang kerap meresahkan masyarakat di wilayah hukum setempat.

“Tersangka bernama Amirudin (28), Suparno (34) dan Kojek (32). Mereka adalah pencuri spesialis yang selama ini kita buru,” kata Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota, AKBP Jairus Saragih, di Bekasi, Jumat (4/5).

Menurut dia, kawanan pencuri tersebut sudah satu tahun terakhir beraksi dengan target rumah kosong kemudian menjalankan perannya masing-masing.

“Mereka mencari rumah korban yang kosong, saat beraksi Suparno yang mantau di bagian luar, setelah harta yang disasar berhasil didapat, mereka langsung pergi. Kegiatannya pasti selalu dilakukan pada jam malam,” katanya.


Dikatakan Jairus, ketiga tersangka berhasil diringkus pihaknya di Jalan Cipendawa, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, saat petugas lapangan curiga dengan gerak gerik tersangka.

BACA JUGA:  Karena Dimasukkan ke Group LGBT, Paulus Nekat Bunuh Rekannya

Setelah dilakukan pengecekan, kata Jairus, tersangka adalah pencuri yang sedang dicari setelah pencurian sebuah sepeda motor di wilayah Kecamatan Bantargebang dan Bekasi Timur pada Kamis (3/5).

Jairus mengatakan, penangkapan itu berawal saat petugas mendapat laporan masyarakat atas adanya beberapa orang yang dicurigai sebagai pencuri motor.

“Saat itu langsung kami tangkap, kemudian dilakukan penggeledahan ke seluruh ruangan kontrakan. Beberapa barang bukti, kami temukan,” katanya.

Jarius pun menyocokan data tersangka pada database kepolisian dan diketahui ketiganya merupakan kelompok spesialis pencurian rumah kosong di wilayah Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi.

“Sebab, laporan korban yang diterima pada 28 April 2018 itu menyebutkan adanya kehilangan harta benda di dalam rumahnya,” katanya.

BACA JUGA:  Polisi Akhirnya Dapat Meringkus Pembunuh Ali Rahman

Dari lokasi penangkapan kepolisian mendapatkan barang bukti enam unit sepeda motor, tiga sepeda motor di antaranya jenis Yamaha Mio tampa plat nomor, Yamaha Xeon R 3906 MP, Honda verza merah tampa plat nomor dan satu Honda Beat putih tampa plat nomor,” katanya.

BACA JUGA:  Berusaha Melawan, Seorang Kurir Narkoba Ditembak Timah Panas

Polisi juga menyita enam unit ponsel dan dua obeng yang diduga digunakan pelaku untuk menjalankan aksinya.

“Kami masih mencari barang bukti lain, karena tidak mungkin mereka pakai dua obeng dalam menjalankan aksinya,” katanya.

Jairus menambahkan, para tersangka saat ini dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. (Ant/SU01)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER