Nilai Rata-Rata UN SMP di Kota Bekasi Turun

BEKASI, SERUJI.CO.ID – Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Jawa Barat, mencatat nilai rata-rata kelulusan ujian nasional Sekolah Menengah Pertama (SMP) 2018 di wilayah setempat mengalami penurunan dibandingkan 2017.

“Kondisi ini dipengaruhi adaptasi siswa terhadap ujian nasional berbasis komputer. Mayoritas mereka saat ini masih beradaptasi sehingga mempengaruhi pencapaian penilaian,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Ali Fauzi di Bekasi, Sabtu (2/6).

Menurut dia, nilai kelulusan UN SMP dan sederajat di Kota Bekasi kali ini mencapai 61,43 atau mengalami penurunan dari 2017 yang mencapai 64,96.

BACA JUGA:  Dari 24.243 Pendaftar SNMPTN, Hanya 1.628 Yang Diterima Universitas Indonesia

Ali mengatakan, situasi itu tidak hanya terjadi di Kota Bekasi, namun juga secara masif di tingkat nasional karena sebagian besar peserta ujian nasional belum terbiasa dengan ujian berbasis komputer yang perdana dilaksanakan pada tahun ini.


Dikatakan Ali, pada 2018 terdapat 10 besar SMP dengan nilai terbaik UN di antaranya Al Azhar VIII, Penabur Harapan Indah, SMPN 1 Kota Bekasi, Penabur Summarecon Mal Bekasi, LAbschool Cibubur, Global Prestasi, Pamardi, Al Azhar Syifa, IT Nur Hikmah dan Marsudirini.

Sekolah tersebut dianggap terbaik berkat nilai rata-rata kelulusan siswa mencapai 82,93, atau di atas rata-rata kelulusan 81,43.

BACA JUGA:  Pengumuman SNMPTN Akan DIlakukan Hari Ini Pukul 17.00 WIB

Ali menambahkan, pengaruh adaptasi ujian berbasis online terhadap hasil nilai ujian akan dijadikannya sebagai bahan evaluasi.

“Ke depan kita akan merutinkan siswa SMP untuk menggelar ujian bulanan berbasis komputer untuk kelas VII dan VIII, tujuannya agar siswa lebih terbiasa dengan perangkat komputer,” katanya.

BACA JUGA:  Pengumuman SNMPTN Akan DIlakukan Hari Ini Pukul 17.00 WIB

Dinas Pendidikan Kota Bekasi juga akan memberikan dukungan anggaran bagi pengadaan komputer di seluruh SMP di Kota Bekasi agar program komputerisasi di sekolah bisa berjalan optimal. (Ant/Su02)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER