Batasi Usia Kendaraan Hingga Panel Surya, Inilah Instruksi Anies Untuk Tangani Polusi Jakarta

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Untuk memperbaiki kualitas udara Jakarta yang beberapa waktu belakangan jadi sorotan karena kualitasnya buruk, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 Tahun 2019 Tentang Pengendalian Kualitas Udara.

Dalam Ingub yang ditandatangani Anies hari ini, Kamis (1/8) tersebut, berbagai hal diatur dengan tujuan mempercepat pengendalian kualitas udara Jakarta.

“Dalam rangka percepatan pelaksanaan pengendalian kualitas udara di Provinsi DKI Jakarta, diperlukan pendekatan multi sektor yang memperketat pengendalian sumber pencemaran udara, mendorong peralihan gaya hidup masyarakat dan mengoptimalkan fungsi penghijauan sehingga memerlukan sinergitas antara perangkat daerah,” tulis Anies dalam Ingub yang didapat SERUJI, Kamis (1/8).

BACA JUGA:  Sandiaga Dorong Penerapan TOD Kawasan MRT Bundaran HI-Lebak Bulus

Anies memerintahkan berbagai Dinas melakukan pengaturan sesuai kewenangannya untuk mengendalikan kualitas udara.


Kepada Dinas  Perhubungan DKI Jakarta, Anies menginstruksikan agar membatasi usia angkutan umum yang dizinkan beroperasi di Jakarta maksimal 10 tahun. Dan melarang angkuta umum yang tidak lulus emisi beropreasi.

Tidak hanya angkuta umum, mobil pribadi pun diatur agar tidak lagi boleh beroperasi jika telah berusia diatas usia 10 tahun. Khusus untuk mobil pribadi ini mulai berlaku pada tahun 2025.

BACA JUGA:  Atasi Kualitas Udara Jakarta Yang Buruk, Gubernur Anies Naikkan Tarif Parkir

Mantan Menteri Pendidikan ini dalam instruksinya juga memberi perhatian pada konversi energi dengan memerintahkan meristis peralihan penggunaan energi fosil ke energi terbarukan, lewat pemasangan panel surya.

BACA JUGA:  Pemprov DKI Luncurkan Program OK-OCE Export

Berikut Isi Lengkap dari Instruksi Gubernur DKI Nomor 66 Tahun 2019;

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER