Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Kualitas udara di Kota Jakarta pagi ini, Senin (5/8) mengalami perbaikan dibanding hari-hari kemarin. Secara keseluruhan kualitas udara di Jakarta terpantau aman untuk aktivitas luar ruang.

Dipantau SERUJI di situs AirVisual, pada pukul 08.00 WIB, terlihat Air Quality Index (AQI) untuk Jakarta pada pukul 07.00 berada di angka 75. Sementara, partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 2.5 mikrometer atau yang dikenal dengan istilah PM2.5 berada di angka 23,8 µgram/m³.

Nilai PM2.5 Jakarta yang berada di 23,8 µgram/m³ berada di bawah Nilai Ambang Batas (NAB) konsentrasi polusi udara yang diperbolehkan berada dalam udara ambien sebesar 65 µgram/m3.

BACA JUGA:  Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

Dengan nilai AQI 75 dan PM2.5 berada di 23,8 µgram/m³ tersebut, maka berarti kualitas udara di Jakarta ditempatkan AirVisual dalam kondisi moderate.


Kondisi kualitas udara Jakarta pagi ini berada di urutan 23 dibanding kota-kota utama dunia lainnya. Kota yang paling polutif pagi ini tercatat Kota Dubai berada di posisi pertama (AQI 157), diikuti Santiago (AQI 144) di posisi kedua.

Kualitas Udara Jakarta Secara Umum Membaik di Beberapa Titik

Data AirVisual untuk daerah Jakarta pada Senin (5/8/2019) malam. (sumber:AirVisual)

Dengan kondisi kualitas udara tersebut, AirVisual menyarankan menutup jendela dan pintu rumah, dan bebas beraktivitas di luar rumah tanpa masker.

BACA JUGA:  Kampanyekan Anti Narkoba, Mal Ciputra Adakan ’Young & Creative Festival'

Sebagai informasi, AQI adalah nilai untuk menentukan kualitas udara di suatu daerah yang memiliki rentang nilai dari 0 sampai 500. Semakin tinggi nilai AQI maka artinya semakin tinggi tingkat polusi udara di wilayah tersebut.

Skor AQI 0-5 berarti kualitas udara bagus, 51-100 berarti moderat, 101-150 tidak sehat bagi orang yang sensitif, 151-200 tidak sehat, 201-203 sangat tidak sehat, dan 301-500 ke atas berarti berbahaya.

Dari 9 titik pantau AirVisual di Jakarta, ada 2 lokasi yang kondisinya tidak sehat (unhealthy), yakni di daerah BSD (AQI 144) dan Kedubes AS (AQI 105).

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

BODETABEK

METRO POPULER