Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Kualitas udara di Kota Jakarta pagi ini, Senin (5/8) mengalami perbaikan dibanding hari-hari kemarin. Secara keseluruhan kualitas udara di Jakarta terpantau aman untuk aktivitas luar ruang.

Dipantau SERUJI di situs AirVisual, pada pukul 08.00 WIB, terlihat Air Quality Index (AQI) untuk Jakarta pada pukul 07.00 berada di angka 75. Sementara, partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 2.5 mikrometer atau yang dikenal dengan istilah PM2.5 berada di angka 23,8 µgram/m³.

Nilai PM2.5 Jakarta yang berada di 23,8 µgram/m³ berada di bawah Nilai Ambang Batas (NAB) konsentrasi polusi udara yang diperbolehkan berada dalam udara ambien sebesar 65 µgram/m3.

BACA JUGA:  SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

Dengan nilai AQI 75 dan PM2.5 berada di 23,8 µgram/m³ tersebut, maka berarti kualitas udara di Jakarta ditempatkan AirVisual dalam kondisi moderate.


Kondisi kualitas udara Jakarta pagi ini berada di urutan 23 dibanding kota-kota utama dunia lainnya. Kota yang paling polutif pagi ini tercatat Kota Dubai berada di posisi pertama (AQI 157), diikuti Santiago (AQI 144) di posisi kedua.

Kualitas Udara Jakarta Secara Umum Membaik di Beberapa Titik

Data AirVisual untuk daerah Jakarta pada Senin (5/8/2019) malam. (sumber:AirVisual)

Dengan kondisi kualitas udara tersebut, AirVisual menyarankan menutup jendela dan pintu rumah, dan bebas beraktivitas di luar rumah tanpa masker.

BACA JUGA:  Atasi Kualitas Udara Jakarta Yang Buruk, Gubernur Anies Naikkan Tarif Parkir

Sebagai informasi, AQI adalah nilai untuk menentukan kualitas udara di suatu daerah yang memiliki rentang nilai dari 0 sampai 500. Semakin tinggi nilai AQI maka artinya semakin tinggi tingkat polusi udara di wilayah tersebut.

BACA JUGA:  Anies: Sekolah di Kepulauan Seribu Harus Menyenangkan

Skor AQI 0-5 berarti kualitas udara bagus, 51-100 berarti moderat, 101-150 tidak sehat bagi orang yang sensitif, 151-200 tidak sehat, 201-203 sangat tidak sehat, dan 301-500 ke atas berarti berbahaya.

Dari 9 titik pantau AirVisual di Jakarta, ada 2 lokasi yang kondisinya tidak sehat (unhealthy), yakni di daerah BSD (AQI 144) dan Kedubes AS (AQI 105).

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER