Polda Metro Ungkap Praktik SPBU Curang

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Petugas Polda Metro Jaya mengungkap praktik stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) curang atau tidak sesuai takaran di wilayah Kabupaten Tangerang dan Ciputat Tangerang Selatan Banten, Banten.

“Petugas menerima informasi dari masyarakat yang mencurigai adanya praktik SPBU yang curang,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono di Jakarta, Senin (30/4).

Berdasarkan informasi itu, Kombes Argo mengungkapkan petugas Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya menyelidiki kemudian menemukan dua SPBU yang mencurangi konsumen.

Argo menyatakan pengelola kedua SPBU itu berkomplot memasang alat khusus untuk mengurangi takaran pengisian bahan bakar kendaraan.

BACA JUGA:  Polda Metro Tembak Mati Dua Pencuri Rumah Kosong

Dari hasil penyidikan di SPBU Kabupaten Tangerang, Argo menuturkan petugas menangkap Direktur SPBU berinisial AIS, Manajer Operasional AR, Manajer Pengawas DT, Kepala Pengawas TR dan Pengawas MS, H, serta T.

Petugas juga menyita barang bukti berupa alat khusus untuk mengurangi takaran bahan bakar seperti adaptor yang terhubung saluran listrik menggunakan saklar.

Argo mengatakan rata-rata pengurangan takaran bahan bakar jenis Pertamax, Pertalite dan Solar antara 104 mililiter hingga 1.099 mililiter per 20 liter pembelian bahan bakar.

BACA JUGA:  Berusaha Melawan, Seorang Kurir Narkoba Ditembak Timah Panas

Pada SPBU kedua di Ciputat Tangerang Selatan, Argo menyatakan pengelola mesasang alat tambahan untuk mengurangi takaran bahan bakar yang dikendalikan menggunakan remote dari radius jarak sekitar 30 meter dari SPBU.

Pengurangan takaran bahan bakar mencapai 400 mililiter hingga 1.245 mililiter per 20 liter pembelian bahan bakar minyak.

BACA JUGA:  Pelaku Begal Tewas Dibacok Korbannya Sendiri

Petugas menangkap Manajer Pengawas SPBU itu berinisial RLN, Pengawas SHD dan AN, serta Pengawas Keuangan AY.

Polisi masih memburu dua orang yakni pengontrak SPBU berinisial DS dan teknisi berinisial KML yang berstatus daftar pencarian orang. (Ant/SU02)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER