Bekasi “Dibom” 2 Ribu Janda

BEKASI, SERUJI.CO.ID – Kabupaten Bekasi, Jawa Barat dijatuhi perkara atau ‘dibom’ 2000 janda, itu berdasarkan data angka perceraian yang dimiliki Pengadilan Negeri Cikarang sepanjang tahun 2017.

“Jika melihat data perkara perceraian yang masuk ke pengadilan, maka setiap tahunnya di Kabupaten Bekasi ada lebih dari 2.000 perempuan yang menjadi janda,” kata Panitera Pengadilan Negeri Agama Cikarang Dede Supriadi di Cikarang, Senin (14/5).

Dede mengatakan pada tahun 2017 kemarin terdapat total 3.190 perkara yang masuk dan dari jumlah itu sekitar 75 persen di antaranya merupakan perkara perceraian.

BACA JUGA:  Lapas Bekasi Usulkan Ratusan Napi Mendapat Remisi

“Sisanya yang 25 persen itu perkara macam-macam seperti ahli waris, hak asuh anak dan lain-lain,” katanya.


Menurut dia, tren angka perceraian di Kabupaten Bekasi mengalami peningkatan tiap tahun, namun untuk penyebab utamanya selalu sama yakni faktor ekonomi.

“Kalau untuk usia sih bervariatif. Tapi paling tua usianya 50 tahun,” katanya.

Dari data tersebut pula, paling banyak yang mengajukan gugatan adalah dari pihak perempuan atau cerai gugat, jumlahnya mencapai 90 persen.

Dede menambahkan untuk perkara perceraian umumnya terjadi perselisihan terlebih dulu dengan faktor utama pemicu perselisihan tersebut yang paling menonjol adalah faktor ekonomi.

BACA JUGA:  Arus Mudik di Tol Jakarta-Cikampek Tersendat

“Faktor kedua ialah adanya pihak ketiga. Tapi pihak ketiga tidak mesti perselingkuhan, ada juga dari orang tua. Kemudian ada juga karena faktor kekerasan dalam rumah tangga dan poligami tidak sehat,” katanya.

Dalam sebulan Pengadilan Negeri Cikarang menerima sekitar 300 perkara, jumlah perkara tersebut menurutnya tergolong tinggi.

BACA JUGA:  KPU Bekasi Imbau Perusahaan Libur Saat Hari Pencoblosan

“Sehari rata-rata ada 10 perkara yang masuk. Kita ini termasuk pengadilan yang menerima jumlah perkara tinggi, lebih dari 2.000 perkara,” katanya. (Ant/SU01)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER