Kementerian Perdagangan Tinjau SPBU Curang di Ciputat

TANGERANG SELATAN, SERUJI.CO.ID – Direktorat Kemetrologian Kementerian Perdagangan melakukan peninjauan ke SPBU di Jalan Merpati Jaya, Ciputat yang disinyalir melakukan kecurangan.

“Kami melakukan pemeriksaan kepada empat stasiun bahan bakar dari sebuah SPBU di daerah Ciputat beberapa waktu lalu,” kata Kepala Seksi Pengendalian dan Penyelidikan Direktorat Kemetrologian Nona Martin Ciputat di Tangerang Selatan, Kamis (3/5).

Dari hasil pemeriksaan tersebut diketahui bahwa salah satu stasiun tidak bertanda uji tera dengan sah. Sementara tiga lainnya bertanda sah berdasarkan ketetapan tahun 2017.

BACA JUGA:  Hasil Panen Berkurang Akibat Irigasi Rusak di Tangerang

Namun beberapa peralatan mesin ditambahkan, hal ini yang mendasari bahwa SPBU tersebut melakukan kecurangan.


“Setelah dilakukan pemeriksaan, dan dilakukan uji tera keempat stasiun tidak mengeluarkan bahan bakar sesuai dengan ukuran. Dengan batas kesalahan 0,5 persen,” ujar Nona.

Dalam modusnya, masih kata Nona bahwa operator SPBU melakukan tindakan kecurangan jarak jauh dengan menggunakan remote. Agar volume BBM bisa lebih sedikit dibandingkan yang sudah ditetapkan.

“Jadi operator menggunakan remote dari ruang manajemen. Jika dinyalakan maka jumlah takaran BBM akan berkurang. Jumlah berkurangnya yakni per 20 liter berkurang sebanyak 800 milimeter,” kata Nona.

BACA JUGA:  Jelang Bulan Ramadhan, Polresta Tangerang Deteksi Lokasi Pembuatan Petasan

Sementara Kepala UPT Metrologi Kota Tangerang Selatan Kusnan mengatakan kecurangan ini dilakukan kepada seluruh pembeli.

“Jadi modusnya tidak secara acak. Semua pembeli takaran BBM nya dikurangi,” kata dia.

Untuk mengantisipasi agar hal ini tidak terulang, kata Kusnan, pihaknya akan semakin memperketat pengawasan terhadap SPBU yang ada di Kota Tangsel, caranya dengan melakukan uji tera secara berkala. (Ant/SU02)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER