Arus Balik Tol Jakarta-Cikampek Terpantau Ramai Lancar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID –  Suasana arus balik di Tol Jakarta-Cikampek ramai lancar pada H+4 atau Selasa (19/6) pagi, meski mulai terjadi antrean sejak Kilometer (Km) 56 sampai Km42, setelah itu kendaraan mulai mencair sampai Gerbang Tol Cikarang Utama.

Kendaraan dari arah Tol Cipali terus berdatangan sejak selepas subuh, sebagian kendaraan merupakan pemudik yang sengaja beristirahat pada Senin (18/6) malam, akibat kelelahan setelah mulai merayap dari setengah perjalanan di Tol Cipali.

Antrean di Tol Cikampek mulai terjadi saat kendaraan dari arah Cipali bertemu dengan arus kendaraan dari Tol Cipularang di Km67.

Antrean dengan kecepatan kendaraan 5 sampai 10 km per jam itu kembali terjadi saat akan memasuki Rest Area Km 62 dan Rest Area Km42. Selepas itu kendaraan mulai mencair saat memasuki Gerbang Cikarang Utama dengan antrean kendaraan antara lima sampai tujuh kendaraan.

BACA JUGA:  Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kementerian Perhubungan memprediksi H+3 atau Selasa ini merupakan puncak arus balik karena besok merupakan hari pertama kerja bagi aparatur sipil negara.

Rekayasa arus dengan contraflow dan sistem satu arah di Cipali dan Jakarta-Cikampek, Senin malam kemarin telah mampu mengurai kepadatan yang luar biasa.

Di Cipali diberlakukan tiga titik contraflow untuk menhindari kemacetan di Rest Area, sementara di Jakata Cikampek Polri sempat memberlakukan Jalur Satu Arah mulai dari Km 47 Tol Karawang Barat sampai Km 3 Tol Halim. Jalur satu arah itu mampu mengurangi kepadatan lalin imbas membludaknya pengunjung rest area dan antrian di Gardu Tol Cikarang Utama.

BACA JUGA:  Petugas Berlakukan Contraflow Tol Jakarta-Cikampek

Namun, sejak Selasa (19/6) pukul 06.00 WIB tadi, sistem satu arah dihentikan karena arus kepadatan lalu lintas mulai mencair.

BACA JUGA:  DKI Tertibkan Hampir Dua Juta Perizinan Triwulan Pertama 2018

Sebelumnya di Tol Jakarta-Cikampek sempat diberlakukan contraflow dari Km64 sampai Km41, namun tidak efektif karena di Km41 terjadi penyempitan arus dimana arus dari jalur contraflow kembali masuk jalur normal. Penyempitan ini berimbas pelambatan kendaraan di jalur normal.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa berpesan kepada para pemudik agar tidak kembali ke Ibukota pada Selasa (19/6) maupun Rabu (20/6) karena tanggal tersebut diprediksi menjadi puncak arus balik. (Ant/Su02)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER