Pengunjung Ancol Tembus 60 Ribu H+1 Lebaran

0
24

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Jumlah pengunjung Taman Impian Jaya Ancol Jakarta mencapai 60.531 orang pada H+1 Lebaran 2018.

“Data pengunjung Ancol pada 16 Juni 2018 pada pukul 13.01 WIB mencapai 60.531 orang, itu belum termasuk loket-loket tambahan yang menjual tiket secara manual,” kata Manager Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Rika Lestari yang ditemui di Ancol, Jakarta, Sabtu (16/6).

Dari jumlah itu, pengguna mobil mencapai 6.561 unit dan motor 5,641 unit.

“Loket tambahan ada di gerbang barat sebanyak 5 loket dan di gerbang timur sebanyak 2 loket. Kami membuka loket tambahan karena biasanya saat libur Lebaran pengunjung membludak. Kami prediksi H+1 dan H+2 menjadi puncak kunjungan antara 110-120 ribu pengunjung,” tambah Rika. Saat Lebaran seperti saat ini, manajemen Ancol menerapkan sistem parkir terpusat selama tiga hari yaitu pada 16-18 Juni 2018. Setiap pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua atau lebih akan langsung diarahkan ke 4 kantong parkir yang tersedia. Keempat kantor parkir itu ada di Pantai Carnaval, area tengah, Gondola, dan Pantai Festival yang mampu menampung 12 ribu kendaraan roda empat dan 17 ribu kendaraan roda dua. “Untuk pergi ke satu lokasi ke lokasi lain di Ancol, manajemen menyediakan 120 bus ‘wara wiri’ yang dilengkapi dengan ‘tour guide’ dan beroperasi mulai pukul 05.00 – 24.00 secara gratis bagi semua pengunjung Ancol,” ungkap Rika.

Pihak Ancol juga sudah menyiapkan tambahan sarana di setiap lokasi rekreasi seperti toilet, Musholla, hingga pos pengamanan. “Ada pengamanan dari TNI, Polri, Satpol PP sekaligus menambah pengamanan internal. Setiap hari ada 266 petugas keamanan ditambah dengan petugas penjaga pantai sebanyak 37 personil serta petugas P3K sebanyak 50 orang dan 97 orang ‘tour guide’,” jelas Rika.

Menurut Rika, sebanyak 70 persen pengunjung Ancol memang mengunjungi pantai alias “beach pool”. Di sana pengunjung bermain di pantai dan menaiki perahu wisata yang dikelola oleh para nelayan yang sudah bermitra dengan penglola Ancol.

“Tidak perlu khawatir karena setiap perahu dilengkapi dengan alat pengaman seperti ‘life jacket’,” tambah Rika. Dalam musim libur Lebaran tahun ini, Ancol memang menyuguhkan berbagai atraksi untuk menarik pengunjung dalam tajuk “Ancol Lebaran Festival 2018”.

Di Pantai Lagoon Ancol Taman Impian mulai 13 Juni – 15 Juli 2018 misalnya ada gelaran “Ancol Nusantara Festival” yaitu 30 gerai makanan dari seluruh Indonesia, sajian musik di panggung terapung Pantai Lagoon setiap hari mulai pukul 14.00 WIB maupun permainan seru.

Khusus momen ulang tahun DKI Jakarta ke-491 pada 22 Juni 2018, akan ada parade spesial “Explore Ondel-Ondel dan Tribute Benyamin Sueb” yaitu parade ondel-ondel kolosal yang pertama kali digelar di pinggir pantai, dengan gerakan khas ondel-ondel serta lantunan musik betawi ditambah prosesi budaya betawi Palang Pintu, Pencak Silat dan Lenong Betawi. Pasar Seni Ancol pada 14 Juni – 31 Agustus 2018 juga dijadikan kawasan Kampung Betawi sekaligus gambar-gambar sejarah kebudayaan betawi mulai dari zaman saat masih bernama Batavia hingga saat ini. Pengelola Dunia Fantasi (Dufan) pun mengimpor langsung dari Jepang pertunjukan spesial “Dragon Ball Z-The Real International Show” yang berlangsung mulai 15 Juni – 31 Juli 2018 di area indoor Dufan setiap hari. Pengunjung dapat melihat langsung aksi dari lima karakter utama: Goku, Piccolo, Vegeta, Buu dan Bulma. Selain itu Dufan juga akan menampilkan acara Football Game Zone dalam rangka memeriahkan ajang Piala Dunia 2018 dengan menampilkan aneka permainan sepak bola dan dimeriahkan dengan atraksi “Freestyle” pemain lokal dan internasional.

Pengunjung “Atlantis Water Adventure” juga dapat mencoba wahana “Skybox” dan “Dragon Race” maupun “Water Fun Games” dan “Atlantis Water Yoga” serta dapat mengikuti undian berhadiah utama dua unit sepeda motor. Sementara Ocean Dream Samudera dimeriahkan dengan pertunjukkan spesial dari pesulat Deni Darco mulai 16 Juni-15 Juli 2018. Di Seaworld Ancol pengunjung akan disapa oleh Sharky si hiu dan Ray si ikan pari yang merupakan boneka karakter baru. Pada hari pertama Idul Fitri (15/5) penyelam menyapa pengunjung dengan menggunakan berkostum Lebaran yaitu baju koko. (Ant/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU