Sandiaga Jelaskan Penyebab Kenaikan Harga Bahan Pangan Jelang Ramadhan

0
19
Sandiaga Uno , Wakil Gubernur DKI Jakarta (foto:istimewa)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan stok pangan di Jakarta untuk semua komoditas aman dan harganya stabil.

“Stok cukup, stoknya aman semua komoditas kita pantau harganya Alhamdulillah stabil. Kita memantau karena ada gejolak rupiah dan dollar AS akan berdampak adalah telur ayam, daging ayam dan kemungkinan kedelai. Keledai itu nanti kita lihat produk turunannya yaitu tempe dan tahu,” kata Sandiaga di Jakarta Pusat, Senin (14/5).

Namun Sandianga mengungkapkan ada beberapa komoditi yang menjadi fokus untuk diwaspadai, termasuk bawang putih, karena ada yang impor.

Dijelaskannya pula penyebab kenaikan beberapa bahan pangan menjelang bulan Ramadan dan Lebaran, ada empat isu utama.

“Pertama adalah distribusinya terganggu, kedua dolar dan rupiahnya bergejolak, ketiga ada spekulasi dan spekulasi ini sudah semakin tereliminasi karena ada Satgas dan terakhir perubahan iklim kalau alam yang berubah itu antisipasi suplai dan harga akan bergejolak,” kata Sandiaga.

Dia mengatakan banyak spekulan main di komoditas, mulai dari beras sampai ke telur ayam dan lain sebagainya.

“Tapi sekarang spekulasi ini sudah kita anggap punya kemitraan dengan mereka, jadi diharapkan spekulasi ini dengan hadirnya Satgas tidak lagi menjadi faktor utama untuk memicu harga,” kata Wagub. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU