Sandiaga Jelaskan Penyebab Kenaikan Harga Bahan Pangan Jelang Ramadhan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan stok pangan di Jakarta untuk semua komoditas aman dan harganya stabil.

“Stok cukup, stoknya aman semua komoditas kita pantau harganya Alhamdulillah stabil. Kita memantau karena ada gejolak rupiah dan dollar AS akan berdampak adalah telur ayam, daging ayam dan kemungkinan kedelai. Keledai itu nanti kita lihat produk turunannya yaitu tempe dan tahu,” kata Sandiaga di Jakarta Pusat, Senin (14/5).

BACA JUGA:  H+7 Lebaran, Belasan Ribu Pemudik Tiba di Terminal Kampung Rambutan

Namun Sandianga mengungkapkan ada beberapa komoditi yang menjadi fokus untuk diwaspadai, termasuk bawang putih, karena ada yang impor.

Dijelaskannya pula penyebab kenaikan beberapa bahan pangan menjelang bulan Ramadan dan Lebaran, ada empat isu utama.


“Pertama adalah distribusinya terganggu, kedua dolar dan rupiahnya bergejolak, ketiga ada spekulasi dan spekulasi ini sudah semakin tereliminasi karena ada Satgas dan terakhir perubahan iklim kalau alam yang berubah itu antisipasi suplai dan harga akan bergejolak,” kata Sandiaga.

BACA JUGA:  Jakarta Raih WTP, Sandiaga: Hasil Kerja Keras Seluruh SKPD

Dia mengatakan banyak spekulan main di komoditas, mulai dari beras sampai ke telur ayam dan lain sebagainya.

“Tapi sekarang spekulasi ini sudah kita anggap punya kemitraan dengan mereka, jadi diharapkan spekulasi ini dengan hadirnya Satgas tidak lagi menjadi faktor utama untuk memicu harga,” kata Wagub. (Ant/SU02)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER