IHA Distribusikan Bantuan Kemanusiaan di Myanmar

RAKHINE, SERUJI.CO.ID – Indonesian Humanitarian Alliance (IHA) beberapa hari yang lalu telah berhasil menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa bahan pangan dan kebutuhan non pangan, kepada 658 Kepala Keluarga yang berada di Camp Mour Tin Nya, Sittwe, Rakhine State. Bantuan kemanusiaan tersebut berasal dari masyarakat Indonesia yang disalurkan melalui sejumlah anggota IHA diantaranya PKPU Human Initiative dan LAZ Nurul Hayat dan juga didukung oleh BUMN.

Kegiatan pemberian bantuan ini merupakan langkah awal dimulainya program kemanusiaan IHA di Rakhine State, Myanmar yang sempat tertunda pelaksanaannya akibat konflik yang kembali memanas pada akhir Agustus 2017 yang menyebabkan lebih dari 671.000 etnis Rohingya di kawasan utara Rakhine State mengungsi ke Bangladesh.

Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan langsung oleh Program Manager IHA, Surya Rahman bersama Tim IHA di sela-sela kunjungannya ke dalam kamp sekaligus melakukan kajian di sejumlah township yang berada di wilayah Rakhine State. Pelaksanaan kegiatan pemberian bantuan tersebut difasilitasi oleh lembaga MAUK Myanmar.

BACA JUGA:  Peduli Pendidikan Yatim Dhuafa, PKPU HI Launching HOME Learning Center

Selama kunjungannya di sejumlah township diantaranya Kyauk Taw Township dan Mrauk U, Surya Rahman bersama Tim IHA melihat secara langsung sejumlah fasilitas pendidikan dan pasar rakyat di beberapa kampung muslim di Myanmar.


Menurut Surya Rahman, kondisi sekolah yang dimiliki masyarakat di kampung muslim tersebut sangat memprihatinkan.

“Konflik di Rakhine State pada tahun 2012 berdampak pada pembatasan akses bagi kelompok muslim termasuk ditutupnya akses layanan pendidikan bagi kelompok muslim oleh Pemerintah, sehingga masyarakat di kampong tersebut harus mendirikan fasilitas pendidikan sendiri,” terang Surya.

BACA JUGA:  Peduli Pendidikan Yatim Dhuafa, PKPU HI Launching HOME Learning Center

Surya juga menerangkan, bahwa pembatasan akses tersebut berdampak pada gerak dan langkah masyarakat di kampung tersebut untuk memperoleh kebutuhan pokok. Untuk menunjang kebutuhan mereka, masyarakat mendirikan pasar penghubung yang menjadi tempat berinteraksi dan bertransaksi antara komunitas muslim dan budhis.

BACA JUGA:  Peduli Pendidikan Yatim Dhuafa, PKPU HI Launching HOME Learning Center

IHA yang merupakan kolaborasi organisasi dan lembaga masyarakat sipil Indonesia telah berkomitmen untuk melaksanakan program di Rakhine State, Myanmar selama 2 tahun. Adapun nilai total komitmen bantuan kurang lebih 26 Milyar Rupiah yang akan difokuskan pada sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, pangan dan non pangan untuk pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat yang terdampak konflik di Rakhine State, Myanmar.

Diharapkan program IHA akan berdampak jangka panjang dan mendukung proses rekonsiliasi antar komunitas di Rakhine State, Myanmar.

(IHA/PKPU-HI)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER

Proyek Blast Furnace Potensi Rugikan Krakatau Rp10 Triliun, Said Didu: Kontraktornya dari China

Nah lho? Mantan Sekretaris Kementerian BUMN, M Said Didu mengatakan bahwa proyek blast furnace tersebut dikerjakan oleh kontraktor dari negara China.