Pembangunan Terminal 4 Soetta, Akan Serap Anggaran Rp11 Triliun

TANGERANG, SERUJI.CO.ID – Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, akan membangun terminal IV untuk menambah kapasitas penumpang.

“Saya sudah perintahkan kepada Menteri Perhubungan, Dirut AP II, untuk juga menyiapkan terminal yang keempat karena memang kita harus selalu merencanakan lebih awal seperti itu,” kata Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan landasan pacu (runway) ketiga Bandara Soetta, Tangerang, Kamis (21/6).

Ada dua proyek yang sedang dikerjakan di Bandara Soetta yaitu pembangunan landasan pacu (runway) sepanjang 3.000 meter dan “taxi way” sepanjang 3.160 meter. Kedua pembangunan itu menelan biaya hingga sekitar Rp1,5 triliun dengan pembangunan landasan pacu baru dimulai pada Maret 2018 dan masih terkendala pembebasan tanah.

BACA JUGA:  Dinkes Tangerang Siapkan 17 Rumah Sakit Rujukan Saat Mudik Lebaran

“Jangan sampai lonjakan penumpang yang sekarang ini yaitu penumpang 60 juta kurang lebih, 63 juta (orang), kita perkirakan 2025 mencapai lebih dari 100 juta (orang). Jadi kalau terminal ini tidak juga segera dipersiapkan kita juga akan kedodoran lagi,” ungkap Presiden Jokowi.


Lokasi terminal IV akan dibangun di bekas lapangan golf Suwarna yang masih dalam kawasan Bandara Soetta dan akan menyerap anggaran sebesar Rp11 triliun.

“Inilah persiapan-persiapan yang hari ini saya tinjau dan alhamdullilah ini masih sesuai dengan target. Kita harapkan betul-betul nanti pelayanan pada penumpang udara betul-betul bisa dilayani dengan baik,” ungkap Presiden.

BACA JUGA:  Dishub Tangerang Larang Warga Bangun Polisi Tidur

Terminal IV tersebut masih dalam proses perincian desain.

“Perkiraan ini masih dalam proses ‘detail engineering’, desain. Kita perkirakan 2020 dimulai (pembangunan). Memang sudah tidak ada kesempatan lagi, begitu direncanakan, desain langsung dikerjakan. Kurang lebih 2020 akan dimulai dan tadi langsung saya perintahkan juga,” tambah Presiden.

BACA JUGA:  Dishub Tangerang Larang Warga Bangun Polisi Tidur

Ia pun menyerahkan proses pembangunan tersebut ke Angkasa Pura II selaku pengelola bandara Soetta.

“Ya kita berusaha di dalam setiap pembangunan selalu menggandeng ‘private sector’, dari sektor swasta, tapi ya terserah ini B2B (business to business) Angkasa Pura II dengan siapa, terserah Angkasa Pura II,” kata Presiden Jokowi. (Ant/Su02)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER