Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Siapkan Antisipasi Kenaikan Volume Sampah

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyatakan kesiapan mengantisipasi kenaikan volume sampah yang kerap terjadi di wilayah ibu kota usai musim libur Lebaran.

“Kami sudah menyiapkan langkah-langkah guna mengantisipasi terjadinya lonjakan volume sampah yang sering kali terjadi setelah masa perayaan Idul Fitri,” kata Kepala Dinas LH DKI Isnawa Adji di Jakarta, Jumat (22/6).

Dia mengatakan langkah-langkah untuk penanganan tonase sampah tersebut diperkirakan mulai H+7 hingga H+10 Lebaran setelah berakhirnya masa libur cuti bersama.

BACA JUGA:  Innalillahi, Dua Anak Tewas di Acara Pembagian Sembako di Monas

“Langkah-langkah untuk mengantisipasi lonjakan volume sampah itu kami persiapkan betul-betul, terutama sekali ketika para petugas gerobak sampah sudah kembali dari kampung halamannya,” ujar Isnawa.


Dia menuturkan para petugas gerobak sampah yang sudah kembali itu akan mengangkut sampah-sampah yang sempat tertinggal di rumah-rumah warga. Sampah tersebut dibawa ke Tempat Penampungan Sementara (TPS).

“Jadi, sampah-sampah yang masih ada di rumah-rumah warga akan kami bawa terlebih dahulu ke TPS. Setelah itu, dengan menggunakan truk, sampah-sampah itu akan diangkut ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang,” tutur Isnawa.

BACA JUGA:  Pemprov DKI Tingkatkan Promosi Asian Games

Selain mengangkut sampah, pihaknya juga berencana menggelar aksi simpati berupa kampanye untuk mengajak seluruh warga agar menjaga kebersihan di sejumlah lokasi wisata, di antaranya Kawasan Kota Tua.

“Melalui kampanye itu, kami mengimbau kepada seluruh pengunjug maupun pedagang yang ada di lokasi-lokasi wisata agar tidak membuang sampah sembarangan. Para petugas juga akan membagi-bagikan kantong sampah di setiap lokasi wisata,” ungkap Isnawa. (Ant/Su02)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER