DKI Jakarta Kembali Raih Predikat Provinsi dengan Indeks Demokrasi Tertinggi di Tanah Air

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan kembali meraih predikat sebagai provinsi dengan Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) tertinggi diantara provinsi lain di tanah air.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto dalam rilis capaian IDI tahun 2018 di kantor BPS, Jalan dr Sutomo, Jakarta Pusat, Senin (29/7).

Suhariyanto mengatakan, sepanjang tahun 2018 DKI Jakarta mengalami peningkatan IDI di berbagai aspek, yang totalnya mendapat IDI 85,08 poin, berada dalam kategori ‘baik’.

“Pada tahun 2018, DKI Jakarta memperoleh IDI sebesar 85,08 poin. Terdapat peningkatan sebanyak 0,35 poin dari tahun sebelumnya (2017),” ujar Suhariyanto.

BACA JUGA:  Pemprov DKI Lakukan Tes Acara Asian Para Games

Diungkapkan Suhariyanto, aspek kebebasan sipil dan aspek lembaga demokrasi tinggi di Jakarta, mencapai 95,09 poin dan 87,82 poin. Hanya dalam aspek hak-hak politik yang masih berada di kategori ‘sedang’ yakni di 75,43 poin.

“Namun, ini masih membuat Jakarta memiliki IDI tertinggi seperti tahun sebelumnya, dan malah mengalami peningkatan,” terangnya.

Di posisi kedua Provinsi Bali dengan IDI sebesar 82,37. Nusa Tenggara Timur (NTT) berada di posisi ketiga dengan selisih poin IDI yang tipis dari Bali sebesar 82,32.

BACA JUGA:  Anies Baswedan Jadi Pembicara Utama "Smart City Conference" di Casablanca

Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) sendiri merupakan indikator komposit (tunggal) yang mampu menunjukkan tingkat perkembangan demokrasi Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS) bekerja sama dengan lintas kementerian dan sejumlah pakar untuk menyusun data tahunan ini.

BPS telah merilis IDI pada tahun 2018 dan memaparkan bahwa IDI secara nasional mencapai angka 72,39. Ini meningkat bila dibandingkan tahun 2017 yang persentasenya adalah 72,11 poin.

BACA JUGA:  Anies Baswedan Dipastikan Hadir Dalam Laga Leg II Persija Vs PSM di Stadion Mattoanging

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER

Kenang Kepsek Semasa Sekolah di SMAN 2 Yogya Yang Wafat, Anies Baswedan: Beliau Teladan

Diantara yang dikenang mantan Menteri Pendidikan ini adalah kebiasaan Pak Anton yang setiap pagi pukul 6.30 selalu menunggu muridnya di depan gerbang sekolah, sambil menyapa dengan hangat.