Terminal Pulo Gebang Didominasi Pemudik Tujuan Jabar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Kepala Terminal Pulo Gebang, Cakung, Ismanto, mengatakan terminal yang berada di kawasan Jakarta Timur tersebut masih didominasi pemudik dengan tujuan Jawa Barat.

“Sampai saat ini atau H+2 belum kelihatan adanya arus balik. Kemungkinan arus balik mulai berlangsung pada H+4,” ujar Ismanto di Jakarta, Ahad (17/6).

Dia menambahkan hal itu dikarenakan pemudik masih memanfaatkan waktu liburan ke tempat-tempat wisata di daerah masing-masing. Ismanto menambahkan jumlah penumpang pada hari H Lebaran sebanyak 1.396 penumpang.

Dia memperkirakan jumlah penumpang pada arus balik lebih banyak dibandingkan arus mudik.

BACA JUGA:  DKI Jakarta Kembali Raih Predikat Provinsi dengan Indeks Demokrasi Tertinggi di Tanah Air

“Kami perkirakan, jumlah penumpang arus balik dua kali lebih banyak dibandingkan arus mudik,” cetus dia.

Untuk pengamanan, pihaknya menurunkan sebanyak 165 petugas yang terdiri dari petugas Dishub internal terminal, TNI, Polri, hingga Satpol PP bertugas di lokasi selama 24 jam.

Selain itu, pihaknya juga melibatkan petugas keamanan internal Terminal Terpadu Pulo Gebang sebanyak 74 orang yang bekerja tiga sesi selama 24 jam. Juga pihaknya menurunkan sebanyak 78 petugas kebersihan internal bekerja selama 24 jam.

Pihak terminal juga melakukan sejumlah program pembangunan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di terminal tersebut, yakni pembangunan situs terminal yang memuat informasi mengenai fasilitas, trayek bus, informasi kedatangan dan keberangkatan, dan informasi daerah terminal.

BACA JUGA:  DKI Tertibkan Hampir Dua Juta Perizinan Triwulan Pertama 2018

Kemudian, sistem informasi penumpang yang memuat informasi tentang kedatangan dan keberangkatan bus.

BACA JUGA:  Jumlah Penumpang Bus Transjakarta Rute Ragunan Melonjak

Selanjutnya, sistem operasional terminal, sistem boarding pass, integrasi terminal tipe A, informasi terminal terpadu Pulo Gebang, dan integrasi dengan Jakarta Smart City yang tediri dari CCTV, dan jumlah penumpang terkini, manajemen operasi bus terkini.

“Ke depan, kami berupaya agar bisa terintegrasi dengan terminal-terminal bus lainnya yang ada di Jakarta,” kata dia lagi. (Ant/Hrn)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER