Akhirnya Pemkot Bogor Larang Mobil Dinas Digunakan Mudik

BOGOR, SERUJI.CO.ID –  Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat menerbitkan surat edaran kepada seluruh PNS terkait larangan penggunaan mobil dinas untuk keperluan mudik Lebaran 2018.

Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat, Senin (11/6), mengatakan, surat edaran telah diterbitkan Jumat (8/6) yang lalu, sehari setelah surat edaran Kemenpan-RB yang juga melarang penggunaan mobil dinas untuk mudik.

“Kamis sore kami menerima informasi dari Kemenpan RB yang menyatakan mobil dinas tidak boleh dipakai mudik, kami pun mengikuti aturannya,” kata Ade.

BACA JUGA:  Larangan Display Rokok Tidak Pengaruhi Penjualan Ritel di Bogor

Ade menyebutkan, sebelum surat edaran dikeluarkan, Pemkot Bogor telah mengeluarkan kebijakan boleh menggunakan mobil dinas dengan mekanisme yang diatur.


Ia menjelaskan, PNS yang ingin memakai kendaraan dinas dapat membuat usulan pemohonan, statusnya pinjam pakai mobil dinas.

“Syarat lainnya, mobil dinas dipakai tidak menggunakan dana APBD untuk BBM, harus dana pribadi,” katanya.

Baca juga: Abaikan Anjuran KPK, Pemkot Bogor Izinkan Mobdin Dipakai Mudik

Mobil dinas yang dipinjam pakai apabila mengalami kerusakan, maka peminjam harus bertanggungjawab secara pribadi untuk memperbaiki.

BACA JUGA:  Dinkes Kota Bogor Tangani Warga Keracunan Tutut

“Untuk meminjam mobil dinas harus membuat pernyataan surat permohonan peminjaman,” katanya.

Namun, sejak surat dari Kemenpan-RB yang menginformasikan larangan penggunaan mobil dinas sesuai dengan imbauan KPK, Pemkot Bogor menarik aturan tersebut dengan menerbitkan surat edaran.

Menurut Ade, dengan adanya larangan tersebut, pihaknya sedikit kewalahan mencarikan parkir untuk kendaraan dinas yang tidak terpakai selama libur cuti Lebaran.

“Agak rawan juga, makanya kita buat sistem piket, biar ada pengawasan di kantor-kantor pemerintahan,” kata Ade. (Ant/Su02)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER