Dinkes Bogor Sediakan Layanan Cek Kesehatan Gratis

BOGOR, SERUJI.CO.ID – Dinas Kesehatan Kota Bogor, Jawa Barat, menyediakan layanan cek kesehatan gratis bagi penumpang dan sopir bus di Terminal Baranangsiang.

Menurut petugas piket posko kesehatan Dinkes, Uli Ririn Marpaung, Selasa (12/6), posko sudah beroperasi sejak tanggal 7 Juni 2018 bersamaan dengan posko terpadu Dishub Kota Bogor.

Posko ini melayani pemeriksaan kesehatan meliputi mengukur tensi, dan pemeriksaan sistem pernafasan, pemberian obat dengan kelurahan ringan, dan layanan rujukan menggunakan ambulans.

“Sejak awal sampai kini belum ada yang sampai dirujuk, masih dapat ditangani di posko, kebanyakan keluhan ringan,” kata Uli.


Posko kesehatan beroperasi setiap hari, terdapat tiga petugas yang melayani meliputi satu dokter, perawat dan sopir ambulan. Petugas posko bertugas dengan sistem shift. Tiga shift untuk tenaga kesehatan, dan dua shift untuk sopir ambulan.

BACA JUGA:  Varietas Padi Inpari Mampu Produksi 11 Ton per Hektar

Hari pertama dibuka, jumlah pasien yang datang memeriksakan kesehatan sebanyak 19 orang. Mereka yang datang adalah yang beraktivitas di terminal seperti sopir, penumpang dan lainnya.

Kebanyakan keluhan mereka seperti gangguan sistem pernafasan atas, gangguan pencernaan, pusing dan mual.

“Kemungkinan keluhannya karena kecapekan, karena akan melakukan perjalan jauh dengan waktu lebih dari delapan jam,” katanya.

Selain penumpang, ada juga sopir yang datang memeriksakan kesehatannya. Keluhan yang dirasakan pusing karena kurang istirahat.

Meningkatnya jumlah penumpang mudik lebaran, membuat para sopir harus kerja ekstra. Sopir mengaku hanya dapat tidur dua jam dalam sehari.

“Untuk para sopir ini kami menyarankan dia harus istirahat, tidak boleh memaksakan diri kelelahan mengendarai bus berpenunpang,” kata Uli.

BACA JUGA:  Simpang Gadog Arah Cianjur Kembali Padat

Mulai dari 7 sampai 11 Juni ini, total ada 50 pasien yang datang memeriksakan kesehatannya di posko. Salah satunya Sumiarti (55) warga Kota Bogor yang hendak mudik ke Lamongan.

BACA JUGA:  Simpang Gadog Arah Cianjur Kembali Padat

Sumiarti menderita syaraf terjepit, tetapi sudah dalam proses penyembuhan. Sebelum berangkat, nenek tiga orang cucu ini memeriksanya diri ke posko kesehatan.

Ia mendapatkan obat pereda nyeri, obat pusing, dan menurunkan gas lambung. Pengobatan ini ia dapatkan secara gratis.

“Saya sedikit pusing, karena punya gejala vertigo. Sudah cek kesehatan tadi dikasih obat, biar di mobil saya bisa istirahat,” kata Sumiarti. (Ant/Su02)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER