Pemkab Tangerang Perbaiki RTLH di Tiga Kecamatan

TANGERANG, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, berupaya memperbaiki rumah tidak layak huni (RTLH) di wilayah pesisir terutama di Kecamatan Pakuhaji, Sukadiri dan Mauk.

“Kami menyarankan perbaikan tidak saja pada rumah dalam satu kawasan tapi yang terpencil juga dikerjakan,” kata Camat Pakuhaji, Ujat Sudrajat di Tangerang, Rabu (9/5).

Ujat mengatakan, selama ini perbaikan rumah kumuh melalui program Gerakan Bersama Rakyat Atasi Pemukiman Padat, Kumuh dan Miskin (Gebrak Pakumis) mengunakan dana APBD setempat.

Dalam program itu memang perbaikan rumah dilakukan secara serentak karena tempat tinggal warga berada dalam satu kawasan.


Bahkan perbaikan tidak hanya rumah, tapi jamban keluarga, sanitasi lingkungan, jalan setapak dan penyediaan air bersih.

BACA JUGA:  Tangerang Akan Bongkar 35 Pabrik Tanpa Izin

Menurut dia, Gebrak Pakumis merupakan salah satu dari 25 program unggulan Pemkab Tangerang yang berpihak kepada warga tidak mampu.

Pemkab Tangerang telah memperbaiki sekitar 10.000 unit rumah reot, dominan berada di pantai utara milik nelayan dan petani setempat.

Dia mengatakan program itu sangat menyentuk dan langsung dirasakan warga tidak mampu karena selama ini mereka ingin memperbaiki tapi terkendala biaya.

Demikian pula program tersebut juga berdampak terhadap kesehatan warga karena rumah yang ditempati nyaman serta memenuhi standar kesehatan karena ada jamban dan persediaan air bersih.

BACA JUGA:  Kementerian Perdagangan Tinjau SPBU Curang di Ciputat

Sementara itu, Tim Teknis Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pemakaman Pemkab Kabupaten Tangerang, Asep Jauhari mengatakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU-Pera) memperbaiki sebanyak 90 rumah kumuh di Desa Kramat, Kecamatan Pakuhaji.

Perbaikan rumah melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), setiap penerima tidak dipungut biaya alias gratis.

BACA JUGA:  Menhub Uji Coba Nopol Ganjil-Genap Tol Tangerang-Jakarta

Program itu berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (MenPU-Pera) No.07/PRT/M/2018 tentang BSPS.

Untuk memperkuat program itu maka ada Surat Edaran dari Dirjen Penyediaan Perumahan KemenPU-Pera No.07/SE/Di/2018 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan BSPS. (Ant/SU01)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER