Puncak Arus Balik di Terminal Kampung Rambutan Diprediksi Hari Ini

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Puncak arus balik Lebaran di Terminal Kampung Rambutan Jakarta Timur diprediksi terjadi pada Selasa (19/6) hari ini, karena lusa banyak pemudik Lebaran harus kembali bekerja.

“Puncak arus balik Lebaran, terjadi pada Senin (18/6) kemarin atau kemungkinan pada Selasa (19/6) hari ini, karena hari Kamis (21/6) sudah mulai bekerja,” kata Kepala Satuan Pelaksana Kepala Terminal Kampung Rambutan, Thofik Winanto, Selasa (19/6).

Menurut Thofik, bus angkutan umum yang tiba di Terminal Kampung Rambutan membawa penumpang dari berbagai kota di Jawa Barat dan Banten.

Jumlah penumpang yang tiba di terminal Kampung Rambutan, pada Ahad (17/6) mencapai 17.492 jiwa dengan 691 bus. Senin (18/6) sebanyak 22.044 jiwa dengan 734 bus. Pada Selasa (19/6) hari ini hingga pukul 08.00 WIB mencapai 5.396 jiwa dengan 604 bus.

BACA JUGA:  Pemprov DKI Akan Atur Jam Kerja Kantor Saat Asian Games

Menurut Thofik, data Senin (18/6) kemarin diperoleh hingga pukul 24.00 WIB, sedangkan data pemudik yang tiba pada Selasa (19/6) hari ini baru sampai pukul 08.00 WIB.

“Masih ada tiga kali pemutahiran lagi hingga pukul 24.00 nanti,” katanya.

Para pemudik yang balik melalui Terminal Kampung Rambutan, menurut dia, datang secara berangsur-angsur sehingga tidak terjadi puncak arus balik secara signifikan.

“Ini karena waktu liburnya cukup panjang setelah Lebaran dan bus yang datang dari kota-kota di Jawa Barat dan Banten, bukan dari Jawa Tengah dan Jawa Timur,” katanya.

Menurut dia, penumpang yang menggunakan bus umum yang tiba di Terminal Kampung Rambutan dari Jawa Barat, rute terjauh yakni Cirebon-Kampung Rambutan, Kuningan-Kampung Rambutan, Tasikmalaya-Kampung Rambutan, serta Lebak-Kampung Rambutan. Sedangkan, bus yang banyak tiba di Terminal Kampung Rambutan dari kota Bandung, Sukabumi, dan Bogor.

BACA JUGA:  Sandiaga Apresiasi Peluncuran Platform Jakarta Beride
BACA JUGA:  Polda Metro Periksa Kadis Pariwisata Terkait Sembako Maut di Monas

“Bus rute jarak pendek dan sedang, yang hanya beberapa jam diperjalanan. Apalagi sekarang sudah Cipali untuk rute dari Cirebon,” katanya.

Suasana di Terminal Kampung Rambutan, cukup ramai tapi tidak terlihat penumpukan calon penumpang seperti yang terjadi ketika arus mudik.

Pada arus balik ini, setelah bus tiba di Terminal Kampung Rambutan, para penumpang pengguna jasa bus langsung mencari kendaraan dalam kota untuk menuju masing-masing tempat tinggal. (Ant/Su02)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Block title

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Jakarta Masuk Jajaran 30 Kota Terbaik Dunia untuk Ekosistem Startup Bertaraf Global

Ketua Umum Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Joddy Hernady memaparkan ada empat faktor yang menjadikan Jakarta sebagai kota 30 teratas penantang kuat ekonomi startup di dunia.

Satu Keluarga Tewas Akibat Terjebak Kebakaran Ruko di Jakarta Utara

“Keempat orang yang tewas itu merupakan satu keluarga,” kata Mustakim

Di Wilayah Ini, Kembali Listrik Padam Setelah Sebelumnya Menyala

Listrik masih byar-pet di wilayah ini. Rafiq salah satu warga yang tinggal di wilayah tersebut mengatakan bahwa pemadaman listrik oleh PLN terjadi pada pukul 07.00 WIB.

Bantah Klaim Anies Baswedan, Djarot: Program Pengelolaan Sampah ITF Sejak Era Ahok

Kata Anies Baswedan, di eranya baru ada program pengelolaan sampah ITF, tapi Djarot mengatakan justru di era Ahok. Jadi mana yang benar?

SIM Kamu Habis Masa Berlakunya Hari ini? Catat, Inilah Lokasi SIM Keliling di Jakarta

SIM habis masa berlakunya, jangan pusing, datang saja ke layanan SIM Keliling milik Polda Metro Jaya. Cari yang terdekat dengan lokasi mu...

Wow, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Membaik Tidak Lagi Kota Terpolusi di Dunia

Berada di nomor urut 23 dunia, kualitas udara Jakarta pagi ini membaik. Apakah karena listrik padam panjang ya? coba simak di berita ini....

BODETABEK

Mengenaskan, Seorang Polisi Tewas Ditembak Rekannya Sesama Polisi

Seorang anggota polisi yang bertugas di Samsat Polda Metro Jaya dengan pangkat Brigadir Kepala (Bripka) berinisial RE tewas mengenaskan ditembak rekannya sesama polisi.

Partisipasi Pemilih di Depok Meningkat

METRO POPULER

Kenang Kepsek Semasa Sekolah di SMAN 2 Yogya Yang Wafat, Anies Baswedan: Beliau Teladan

Diantara yang dikenang mantan Menteri Pendidikan ini adalah kebiasaan Pak Anton yang setiap pagi pukul 6.30 selalu menunggu muridnya di depan gerbang sekolah, sambil menyapa dengan hangat.